Breaking News:

Berita Lamongan

Dinkop Lamongan Bakal Beri Fasilitas-Fasilitas Ini untuk Lindungi UMKM

Ada sekitar 130.006 UMKM di Lamongan yang telah menyerap sebanyak 327.422 tenaga kerja. Bahkan, beberapa UMKM telah melakukan ekspor produk.

surya/hanif manshuri
Perajin batik lamongan. Satu di antara sekian banyak UMKM, seperti snack jagung dan batik, mampu menyerap ribuan tenaga kerja 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (KUM) Lamongan akan memfasilitasi Perijinan Industri Rumah Tangga (P-IRT), sertifikasi halal dan merek atau hak paten. Hal ini dilakukan untuk melindungi para pelaku UMKM di Kota Soto.

Kepala Dinas KUM Lamongan, Anang Taufik, Kamis (12/4/2018), mengatakan saat ini sudah ada 75 UMKM yang telah memiliki P-IRT, 15 sertifikasi halal, dan 15 telah dipatenkan mereknya.

"Kami memberikan sejumlah pelatihan. Untuk 2018 ini, pelatihan difokuskan pada UMKM yang bergerak di bidang fashion, khususnya batik. Kemudian fasilitasi berupa peningkatan jaringan kerjasama dalam rangka pemasaran dengan koperasi besar serta pelatihan packaging," kata Anang.

Terkait akses pemasaran, pada 2018 ini pihaknya juga akan meresmikan Rumah Kreatif Lamongan (RKL).

Tujuan RKL Ini diharapkan menjadi wadah Pemkab Lamongan dalam memberikan pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mereka.

Di RKL ini pula, akan disediakan jasa desain kemasan (packaging) serta logo produk. UMKM juga bisa memasukkan produknya untuk dipasarkan secara daring melalui website Lamongan Mart.

"Pada tahun ini juga terdapat program penumbuhan wirausaha untuk 3.000 orang di 100 desa dengan memberikan bantuan 300 unit alat untuk olahan makanan, minuman dan kerajinan," sambungnya.

Saat ini, ada sekitar 130.006 UMKM di Lamongan yang telah menyerap sebanyak 327.422 tenaga kerja. Bahkan, beberapa UMKM telah melakukan ekspor produk.

"Seperti UD Lembah Hijau Kecamatan Kedungpring yang telah mengekspor aneka cemilan ke Chicago Amerika Serikat, Malaysia, dan Brunei Darussalam," ujarnya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved