Sosok Inspirasi

Ismarofi, Pelopor Kampung Kerajinan Batok Blitar; Terinspirasi Pedagang Suvenir di Makam Bung Karno

Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, kini dikenal kampung kerajinan batok.

Ismarofi, Pelopor Kampung Kerajinan Batok Blitar; Terinspirasi Pedagang Suvenir di Makam Bung Karno
surya/samsul hadi
Ismarofi memperlihatkan kerajinan tas berbahan batok karyanya. 

KELURAHAN Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, kini dikenal kampung kerajinan batok. Bermacam kerajinan dari bahan limbah batok atau tempurung kelapa diproduksi dan menjadi ladang rejeki bagi warga kelurahan ini.

Ismarofi (43) menjadi salah satu tokoh yang mengubah wajah Kelurahan Tanjungsari hingga dikenal sebagai kampung batok. Bapak dua anak ini merupakan orang pertama, sekaligus yang memelopori kerajinan batok di lingkungannya.

Kini, kerajinan batok menjadi salah satu produk unggulan di Kota Blitar. “Saat memulai ini, saya hanya berpikiran ingin membuat kerajinan yang memberi manfaat ke masyarakat sekitar,” kata Ismarofi.

Wartawan Surya.co.id, Samsul Hadi menemui Ismarofi di rumahnya. Lingkungan RT 2 RW 9 Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Rabu (11/4/2018) siang kemarin.

Rofi, demikian warga bisa memanggail Ismarofi, siang itu mengutak-atik mesin bor di teras belakang samping rumahnya.

Rofi terlihat sedang menggerinda mata bor. Dia harus memodifikasi sendiri mata bor untuk keperluan membuat lubang pada lempeng batok yang sudah dipotong kecil-kecil.

Dengan ramah, ia mempersilakan Surya masuk ke rumah.

“Saya memodifikasi sendiri mata bor agar tidak pecah untuk melubangi batok yang sudah dipotong kecil,” ujar Rofi.

Rofi menjadikan rumahnya sebagai tempat produksi berbagai macam kerajinan batok. Mulai pekarangan belakang rumah sampai teras rumah terlihat sejumlah pekerja.

Di belakang rumah, terlihat pekerja sedang memotong batok menjadi bagian kecil-kecil. Di halaman samping, tempat pekerja memernis dan menjemur kerajinan yang sudah setengah jadi.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved