Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Pilih Tunjuk 3 Plt untuk Isi Kekosongan Direksi PD Pasar Surya, Berikut 3 Nama itu

Setelah lebih dari seminggu Direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) kosong, Pemkot Surabaya memutuskan memilih Pelaksana Tugas (Plt).

Pemkot Surabaya Pilih Tunjuk 3 Plt untuk Isi Kekosongan Direksi PD Pasar Surya, Berikut 3 Nama itu
surya/pipit maulidiya
Kabag Perekonomian Pemkot Surabaya, Khalid. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah lebih dari seminggu posisi Direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) Surabaya kosong, akhirnya Pemkot Surabaya memutuskan memilih Pelaksana Tugas (Plt). Sebab masa jabatan seluruh direksi habis dan belum ada pengganti.

Plt Kepala Badan PerencanaanPembangunan Kota (Bappeko) , M Taswin menyebutkan sesuai dengan undang-undang nomor 25 tahun 2009, pemilihan Plt tidak boleh diisi PNS termasuk BUMD atau BUMN.

"Sesuai undang-undang, PNS, BUMD termasuk BUMN tidak boleh menjabat sebagai komisaris atau badan pengawas di lingkungan perusahaan daerah," ungkapnya, Senin (9/4/2018).

Terkait hal itu, Khalid, Kabag Perekonomian Kota Surabaya mengatakan sudah ada tiga nama direksi beserta jabatan sementara yang dipilih.

Nama-nama Plt tersebut lanjut Khalid telah disepakati Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini Sabtu lalu.

"Sudah ditetapkan dan disepakati bu wali tiga nama yang ditunjuk dari internal PD pasar," kata Khalid, Senin (9/4/2018).

Tiga nama tersebut di antaranya adalah, mantan direktur Teknik dan Usaha, Zendy Ferryansah diperpanjang menjadi Plt Dirut Teknik dan Usaha.

Kemudian Yayuk Mujianti mantan Kabag akuntansi PDPS, diangkat sebagai Plt Dirut Administrasi Keuangan.

Sedangkan  Wahyu Siswanto dari internal PDPS diangkat menduduki posisi Plt Dirut Pembinaan Pedagang.

"Untuk sementara posisi direktur utama tetap dibiarkan kosong. Meski jabatan Plt, kita tetap melalui fit and proppertes," tambah Khalid.

Posisi Plt lanjut Khalid juga diatur sesuai dengan aturan. Misalnya Dirut Administrasi Keuangan dan Dirut Pembinaan Pedagang, mendapatkan waktu jabatan tiga bulan.

Sementara posisi Dirut Teknik yang merupakan perpanjangan, dapat diduduki selama enam bulan.

Selang waktu jabatan Plt berlangsung, pemerintah kota Surabaya akan melakukan proses rekrutmen direktur baru PDPS.

"Selama 90 hari ke depan diharapkan Wali Kota sudah bisa menetapkan direktur baru melalui open recruitment," harap Khalid.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved