Breaking News:

Citizen Reporter

Dari Mana Asal Satwa?

Belajar di luar kelas diyakini lebih efektif untuk mengenalkan lingkungan. Datang dan menyaksikan langsung memberi pemahaman berbeda.

Editor: Endah Imawati
Dari Mana Asal Satwa?
ist

SD-Islamic Global School Malang melaksanakan outing kelas di Jatim Park 2 Batu, Kamis (29/3/2018) pagi. Outing sebelumnya dilakukan Kelas 3 dan Kelas 6 di beberapa tempat di Surabaya.

Kali ini outing kelas diikuti siswa Kelas 1. Sekitar 120 siswa didampingi 12 guru dan sebagian wali murid.
Outing diadakan agar siswa memiliki pengetahuan baru dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan sesuatu yang berbeda dalam prose pembelajaran agar siswa tidak hanya belajar di dalam ruangan sekolah, tetapi belajar di luar sekolah.

Suasana yang berbeda itu diharapkan dapat memancing kreativitas dan keaktifan dalam belajar. Hasil akhirnya, tujuan pembelajaran bisa dicapai dengan maksimal.

Susanto, Waka Kesiswaan SD-Islamic Global School Malang mengatakan, outing menjadi agenda penting, sebab dengan adanya kegiatan ini siswa akan memiliki ilmu pengetahuan baru dengan respons yang beda.

Jika sebelumnya hanya mendengar dari penjelasan guru, dengan kegiatan di luar kelas siswa mampu melihat, mengamati secara langsung dan akan memiliki respons yang jelas terhadap objek yang diamati.

Tema mencintai hewan dan merawatnya digunakan Eni, ketua pelaksana dan guru Kelas 1 untuk mengenalkan cara mencintai hewan hingga mengetahui dari mana asal hewan itu.

Kegiatan dipandu petugas dari Jatim Park 2. Mereka memberi penjelasan tentang macam-macam hewan dan asalnya.

Kegiatan dibagi menjadi dua segmen. Pertama, anak-anak diberi pengetahuan di museum satwa. Kedua, peserta melihat bermacam hewan, baik hewan yang hidup di udara, laut, maupun di darat.

Setelah itu, siswa dikumpulkan untuk beristirahat lalu mengerjakan soal dari guru pendamping guna mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dari apa yang sudah diamati.

Kegiatan diakhiri dengan rekreasi. Siswa bebas menikmati permainan.

Ach Fikri Fausi
Mahasiswa Pascasarjana UIN Malik Ibrahim
Malang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved