Berita Mojokerto

Kontes Robotika di Mojokerto Bikin Antusias Pelajar TK Sampai SMA

Para pelajar antusias mengikuti pameran dan Lomba Robotika nasional di Grand Atrium Sunrise Mall di Mojokerto, Minggu (1/4/2018).

Kontes Robotika di Mojokerto Bikin Antusias Pelajar TK Sampai SMA
surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Peserta lomba Robotika Sunrise Robo Fair 2018 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Pameran dan Lomba Robotika nasional digelar IYRC (International Youth Robotic Competition) regional Jawa Timur di Grand Atrium Sunrise Mall di Mojokerto, Minggu (1/4/2018).

Sejumlah pelajar dari tingkat TK hingga SMA serta masyarakat umum, antusias mengikuti ajang bertajuk Sunrise Robo Fair 2018 ini. 

CEO RACER Mojokerto, Elwie Wijaya (36), mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan pentingnya pendidikan robotika sejak dini. Pasalnya, seiring perkembangan zaman telah banyak pekerjaan manusia yang digantikan Robot.

"Setidaknya para orang tua dapat mendukung anaknya untuk mulai belajar Robotika," tuturnya.

Elwie mengatakan, banyak manfaat yang dapat diperoleh anak dari mempelajari robotika. 

"Kegiatan ini untuk pertama kalinya yang terbesar. Antusiasnya hingga 900 peserta," ungkapnya.

Rencananya, tahun depan pihaknya akan menggelar lomba Cipta Karya yakni menciptakan produk inovasi berbasis teknologi. Misalnya, inovasi buatan siswa berupa alarm pemadam kebakaran atau alrm peringatan dini sunami, Smart Home, Minatur pengisi botol otomatis, Miniatur Forllift Otomatis, Handdryer Mini, Alarm Kebocoran Gas, Sensor Banjir, dan lainnya.

"Semuanya yang membuat itu adalah anak-anak. Kita akan membantu mewujudkan," imbuhnya.

Adapun kategori lomba ini yakni Brickspeed (lomba merangkai robot sesuai hatas waktu), Kinder Mission (lomba robot gerakkan mengambil angka sesuai hasil matematika dari soal). Maze Solving (Lomba robot mengikuti garis hitam yang sebelumnya diprogram dahulu), Soccer (robot sepakbola), Sumo (robot sumo), Scorpion fighting (robot berbentuk kalajengking yang bertugas meletuskan balon lawan dan melindungi balonnya sendiri) dan Humanoid rescue (Robot yang diprogram untuk mengambil tabung yang bernilai poin dalam labirin).

"Lomba Robotika ini yang pertama karena itulah hanya tujuh kategori kelas ringan," kata Elwie

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved