Berita Jombang

Tangkal Skimming, Polres Jombang Patroli Mesin ATM

"Para kapolsek sudah kami perintahkan patroli dan pantau mesin ATM di wilayahnya masing-masing. Dan sejauh ini aman"

Tangkal Skimming, Polres Jombang Patroli Mesin ATM
surya/sugiyono
Polisi memeriksa setiap sudut ATM guna mengantisipasi maraknya kasus skimming di sejumlah bank akhir-akhir ini. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Polres Jombang, Jawa Timur, melakukan patroli rutin terhadap mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di seluruh wilayah hukum Polres Jombang. Ini guna mencegah tindakan 'skimming' yang marak terjadi akhir-akhir ini.

"Para kapolsek sudah kami perintahkan patroli dan pantau mesin ATM di wilayahnya masing-masing. Dan sejauh ini aman. Artinya, skimming tidak ada, patroli juga lancar," ujar Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, Sabtu (31/3/2018).

Fadli menjelaskan, patroli dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap mesin ATM, apakah terdapat mesin skimming atau benda mencurigakan lainnya di dalam mesin tersebut.

"Dan hingga saat ini pun belum ada laporan kepada polres jombang terkait tindakan kejahatan skimming. Polsek jajaran juga terus melaporkan kegiatan patroli tersebut secara berkala kepada kami," imbuhnya.

Fadli juga mengimbau kepada nasabah yang hendak melakukan transaksi di mesin ATM agar memilih mesin ATM yang dijaga oleh petugas keamanan atau minimal dekat dengan kantor polisi.

"Kecuali itu, jika terjadi kejanggalan dalam bertransaksi, juga jangan panik. Segera hubungi petugas keamanan atau segera lapor polisi," pungkasnya.

Sebelumnya, Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap 4 orang warga negara asing (WNA) pelaku skimming di beberapa provinsi. Keempat pelaku ditangkap di lokasi yang berbeda.

Keempat WNA tersebut, CAS (WN Rumani), RK alias LM (WN Rumania), IRL (WN Rumania), dan FH (WN Hungaria). Selain keempat WNA, tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya uga menangkap perempuan WNI berinisial MK (29).

Tak lama, WN Bulgaria bernama Baltov Kaloyan Vasilev ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Pusat. Baltov hendak memasang alat skimming di sebuah mesin ATM. Namun ulahnya diketahui satpam, kemudian ditangkap dan diserahkan ke Polda Metro Jaya.

Penulis: Sutono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved