Berita Surabaya

VIDEO - Polisi Bongkar Kompolotan Pengedar Uang Palsu, ini Tampangnya

Polsek Karangpilang Surabaya mengungkap komplotan peredaran uang palsu (upal).

VIDEO - Polisi Bongkar Kompolotan Pengedar Uang Palsu, ini Tampangnya
surya/fatkhul alami
Para komplotan pengedar uang palsu diperlihatkan polisi di Mapolsek Karangpialng Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Polsek Karangpilang Surabaya mengungkap komplotan peredaran uang palsu (upal).

Sebanyak 11 orang anggota (salah satunya seorang wanita) komplotan upal di Jatim ini diringkus dan dijebloskan ke sel tahanan.

Mereka adalah SH (47) asal Lamongan, RS (43) asal Jombang, BH (32) asal Lamongan, HS (55) dan S (70) asal Situbondo, KW (57) dan AS (38) asal Jember, SY (57) asal Ngawi, MJS (50) dan SR (49) asal Madiun serta seorang wanita berinisial SN (35) asal Klaten, Jateng.

"Para tersangka ini merupakan satu jaringan. Mereka memiliki dan mengedarakan uang palsu," sebut Kaporestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan di Command Center Polrestabes Surabaya, Selasa (27/3/2018).

Rudi menjalaskan, dari pengungkapan komplotan pengedar upal ini, pihaknya mengamankan barang bukti sebanyak 916 lembar upal nominal Rp 100 ribuan dan 28 lembar 10 ribu dolar Singapura. Jika dirupiahkan, upal dolar Singapura itu setara Rp 2,5 miliar.

"Ini upal asalanya dari mana, masih dalam pemeriksaan. Termasuk siapa pembuatnya," tutur Rudi.

Terungkanya komplotan upal ini, lanjut Rudi, bermula dari informasi masyarakat yang diterima polisi. Selanjutnya informasi peredaraan upal diselelidiki dan di dalami dan ternyata benar.

"Awalnya kami menangkap dua pelaku. Mereka mau transaksi upal di depan SPBU Kedurus jalan Mastrip Surabaya," jelas Rudi.

Orang nomor satu di Mapolrestabes Surabaya ini menerangkan, dua pelaku yang ditangkap awal, yakni SH dan RS.

Saat ditangkap dan dilakukan penggeledahan, polisi menemukan 319 lembar upal pecahan Rp 100 ribu dan 2 lembar upal dolar Singapura pecahan 10 ribu.

Halaman
12
Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved