Berita Jember

Manfaatkan Teknologi, SMK 5 Muhammadiyah Jember Gelar UTS Berbasis Aplikasi Android

Cara kerja UTS berbasis aplikasi Android ini adalah mengacak soal ataupun kunci jawaban secara otomatis.

surya/erwin wicaksono
Saat Berlangsung Ujian Tengah Semester, (UTS) Berbasis Android Di SMK 5 Muhammadiyah Jember Selasa (27/3/2018). 

SURYA.CO.ID | JEMBER - SMK 5 Muhammadiyah Jember atau yang akrab disebut SMK Mulia menggelar ujian tengah semester (UTS) menggunakan aplikasi berbasis android. Model UTS ini baru pertama kali digunakan di sekolah tersebut untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

Waka Kurikulum SMK 5 Jember, Safrizal M Arifin, pelaksanaan UTS memakai aplikasi berbasis Android ini agar siswa memahami pemanfaatan teknologi.

"Kami bersama dewan guru lain memutuskan mengunakan aplikasi UTS di Android karena saat ini hampir semua orang tak bisa lepas dari gadget, khususnya gadget yang menggunakan operating system (OS) Android. Terlebih lagi, anak-anak muda sekarang sudah sangat familier dengan teknologi ini," kata Arifin, Selasa (27/3/2018),

Arifin menuturkan langkah ini juga dilakukan untuk menyikapi kecurangan ujian. Cara kerja UTS berbasis aplikasi Android ini adalah mengacak soal ataupun kunci jawaban secara otomatis.

Dengan demikian, walaupun duduknya berdekatan, baik soal atau pilihan jawaban abjad A-E akan berbeda. Selain pengawasan lebih efektif nilai ujian tiap siswa setelah 45 menit melakukan ujian langsung keluar dan bisa diumumkan kepada para siswa.

Sewaktu siswa mengerjakan soal, pengawas ujian bisa memantau melalui server utama. Ketika siswa berusaha browsing di google atau aplikasi lain ketika ujian tidak bisa dilakukan.

Hal tersebut bisa terjadi karena perangkat sudah terproteksi dengan baik. Ketika siswa dan siswi melakukan login setiap mata pelajaran yang sudah diujikan semua akan berubah seketika. Tergantung mata pelajaran apa yang akan di ujikan

"Jadi UTS menggunakan aplikasi ini lebih efisien," sambungnya.

SMK yang berada di Desa Cakru, Kencong, Jember ini melaksanakan UTS berbasis aplikasi Android diikuti oleh siswa kelas 10 dan 11 dengan tiga jurusan berbeda, yakni Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), dan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Saat Berlangsung Ujian Tengah Semester, (UTS) Berbasis Android Di SMK 5 Muhammadiyah Jember Selasa (27/3/2018).
Saat Berlangsung Ujian Tengah Semester, (UTS) Berbasis Android Di SMK 5 Muhammadiyah Jember Selasa (27/3/2018). (surya/erwin wicaksono)

Kegiatan ujian tersebut diselenggarakan di lima lokasi kelas, diikuti sekitar 25 hingga 30 siswa - siswi. Salah seorang siswa Kelas 11 jurusan TSM, M Reza Pranata, mengaku senang dengan terobosan yang dilakukan.

"Ujian jadi lebih ringkas, tak perlu pakai kertas, juga tidak ada contek-menyontek dan tidak menggunakan kertas lagi," ujar Reza.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved