Berita Jember

Polres Jember Bekerja Sama Dengan Perbankan Atasi Skimming, Kusworo: Masyarakat Tidak Perlu Panik

Masyarakat Jember tidak perlu panik atas peristiwa pencucian uang di ATM dengan menggunakan metode Skimming yang meresahkan...

Polres Jember Bekerja Sama Dengan Perbankan Atasi Skimming, Kusworo: Masyarakat Tidak Perlu Panik
SURYAOnline/Erwin Wicaksono
AKBP Kusworo Wibowo menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik atas isu Skimming 

SURYA.co.id | JEMBER - Masyarakat Jember tidak perlu panik atas peristiwa pencucian uang di ATM dengan menggunakan metode Skimming yang meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. Karena Polres Jember siap untuk bertindak tanggap dalam mengantisipasi terjadinya pembobolan data nasabah atau Skimming.

Untuk itu, Polres Jember berkerjasama dengan perbankan akan memperketat penjagaan mesin ATM. Maka dari itu Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menghimbau masyarakat agar tidak perlu panik, teliti, tidak ceroboh dan tetap waspada

"Masyarakat tidak perlu panik, karena Polres Jember bertindak sigap dengan bekerja sama dengan pihak perbankan untuk mencegah dan mengatasi praktik Skimming di Atm ini, maka dari itu saya meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada, tidak ceroboh ketika transaksi" ujar Kusworo ketika ditemui di ruangannya (24/3/2018)

Sementara itu, Kusworo menjelaskan, meski hingga saat ini di Kabupaten Jember belum ditemukan adanya tindak kejahatan Skimming di Kabupaten Jember. pihaknya sudah melakukan koordinasi intensif, dengan seluruh Perbankan untuk memperketat penjagaan mesin ATM, khususnya yang berada di lokasi rawan.

Personil Polri yang sudah disiagakan bersama petugas perbankan terkait, nantinya juga akan mengecek keaslian mesin ATM satu persatu secara berkala. Sebab tindak kejahatan Skimming dilakukan dengan modus memodifikasi mesin ATM, dengan menyematkan camera tersembunyi dan pita magnetik ke mesin ATM.

Kusworo menghimbau agar nasabah Bank yang hendak melakukan transaksi melalui mesin ATM, agar memilih mesin ATM dengan pengawasan Satpam dan penerangan yang cukup, serta lebih baik mengambil uang di kantor cabang. Jika menemukan ada kejanggalan pada mesin ATM, agar secepatnya melapor ke aparat kepolisian terdekat.

"Tips agar aman dari skimming adalah pilih ATM yang ada pengawasannya, penerangan yang cukup. Lebih baik bertransaksi di kantor cabang ya karena juga pengawasannya jelas. Jika ada kejanggalan, saya himbau untuk segera melapor kepada kepolisian terdekat" pungkas Kusworo.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved