Penerima Beasiswa LPDP 'Turun Gunung' Berdayakan Masyarakat Kampung Warna-Warni Katulampa

Ratusan anak muda penerima beasiswa LPDP akan turun gunung untuk memberdayakan masyarakat di Kampugn Warna-Warni Katulampa.

ist
Persiapan Social Project PK-125 LPDP di Kampung Warna-warni Katulampa, Bogor 

SURYA.co.id | BOGOR - Katulampa, tentu tak asing lagi bagi masyarakat Jabodetabek.  Di sini, terdapat bendungan besar yang dibangun sebagai peringatan dini atas aliran air sungai yang mengarah ke Jakarta. 

Namun Katulampa kini tak hanya terkenal karena keberadaan waduk tersebut. Beberapa tahun terakhir, warga lokal menggulirkan inisiatif untuk memperbaiki kampung mereka di sana dan membuatnya lebih cantik, lalu memberinya nama Kampung Warna-Warni Katulampa

Kerja keras ini tak sia-sia. Kini tempat itu menjadi daya tarik bagi wisatawan dari daerah-daerah sekitarnya. 

Di kampung Warna-Warni itu pula, sebanyak 115 anak muda yang menerima beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang tergabung dalam kelompok PK-125 akan menggelar social project , Kamis (22/3/2018).

Lewat social project itu mereka ingin mengejawantahkan kontribusi mereka terhadap pemberdayaan dan kemajuan masyarakat dengan memunculkan inisiatif "Kampung Zaman Now".

Daniel Oscar (29), salah seorang pemrakarsa kegiatan social project PK-125, mengungkapkan bahwa inisiatif tersebut mereka gulirkan dalam upaya membantu akselerasi pengembangan kampung budaya di Tanah Air dan mempromosikan kampung budaya melalui platform digital terpadu.

“Kampung Katulampa ini kami pilih sebagai lokasi pilot project, terlebih dengan lokasinya yang hanya 60 kilometer dari pusat kota Jakarta,” kata Daniel.

Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan pilot project tersebut, PK-125 juga telah melakukan riset lapangan ke kampung-kampung wisata di kawasan Jabodetabek untuk mengidentifikasi isu-isu di lapangan serta merumuskan gagasan perbaikan yang dapat ditawarkan.

Selain di Katulampa, tim PK-125 juga mengadakan riset lapangan di Kampung Tongkol, Jakarta Utara.

Pengambilan lokasi di Katulampa ini juga menemukan momen yang tepat karena tanggal 22 Maret 2018 akan diperingati sebagai Hari Air Sedunia.

Halaman
123
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved