Berita Surabaya

Menu Chef Blance de Poulet di Ajang Tahunan Good France yang Diikuti 3 Ribu Resto

3 resto di Surabaya ikut serta dalam ajang Good France yang diikuti 3 ribu restoran di seluruh dunia. Seperti apa menunya?

Penulis: Sudharma Adi | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Executive Chef Caretaker Hotel Majapahit, Agus Sudibyo menunjukkan menu Chef Blance de Poulet yang dibuat untuk ikut meramaikan Good France 

SURYA.co.id | SURABAYA - Acara Good France (citarasa Prancis) adalah perayaan gastronomi Prancis secara serentak di dunia, dimana pada tahun ini masuk tahun keempat atau 21 Maret nanti.

Good France adalah jamuan makan malam serentak di dunia yang diikuti 3 ribu restoran, dengan kategori unsur, teknik memasak Prancis dengan bahan lokal.

Di Indonesia, ada 10 kota yang menjadi peserta Good France, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali.

Untuk Surabaya, ada tiga restoran yang menyuguhkan menu Good France, di antaranya adalah Restoran Indigo di Hotel Majapahit. Menu yang menjadi kuliner andalan adalah Chef Blance de Poulet (Ayam chef putih).

Keistimewaan menu ada pada ayam kukus yang dipadu rempah dan bunga telang sebagai santapan.

Executive Chef Caretaker Hotel Majapahit, Agus Sudibyo menjelaskan, menu ini adalah memadukan antara gaya memasak Prancis dengan bahan 100 persen lokal. Menu ini sangat disukai orang Prancis maupun warga lokal karena penggunaan rempah dan ayam yang sangat empuk.

“Ini adalah makanan utama yang disantap orang Prancis dan lokal,” paparnya kepada wartawan, Senin (19/3).

Dalam menu eksklusif bertarif Rp 1 juta ini, dia menggunakan bahan utama ayam dengan campuran rempah seperti olive oil yang dimasak kemudian dimasukkan dalam vaccum pack. Setelah itu, ayam ini dimasak dengan suhu 63 derajat Celcius agar bakteri mati.

“Tak lama dimasak, kemudian dikukus selama 30 menit,” ujarnya.

Hasilnya, adalah didapatkan daging empuk dan melted serta juicy di mulut.

Supaya tampak menarik, potongan ayam ini dioles dengan mentega dan garlic oil.

Selain daging ayam, agar citarasa makin kuat, diberi pure (bubur) dari saripati wortel dan apel. Ditambah dengan potongan bunga telang, kentang dan buncis, muncullah citarasa yang tak biasa.

Direktur Institut Francais Indonesia Surabaya, Benoit Bavouset menilai menu masakan ini cukup berbeda dan unik. Dia yang sering menyantap masakan ini melihat bunga telang jadi santapan enak.

“Bunga ini bisa dimakan dan rasanya enak. Begitu juga citarasa ayam yang mantap di mulut,” tandasnya.

Perayaan Good France tahun ini memang mengangkat kekayaan kuliner kawasan barat daya Prancis, yakni Nouvelle-Aquitaine. Produk dan citarasa kawasan itu akan jadi inspirasi bagi para chef dan restoran partisipan dalam menu yang disiapkan pada acara ini.

Khusus Indonesia, memang hadir di 10 kota dan 39 restoran dengan beragam menu bistro, kontemporer dan haute gastronomie. “Acara ini adalah bagaimana menikmati hidangan sekaligus praktek sosial. Sesuai kebiasaan orang Prancis, ini adalah cara makan dan minum sekaligus berinteraksi atau ngobrol bersama keluarga,” pungkas Thomas Evrad, General Manager Hotel Majapahit

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved