The Valor, Functional Training Buat Tubuh Ideal

Functional training pada The Valor ini bisa dilakukan semua orang, baik pria atau perempuan

The Valor, Functional Training Buat Tubuh Ideal
SURYAOnline/Sudharma Adi
The Valor, Functional Training Buat Tubuh Ideal 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ruangan Urban Athletes di lantai 1 Marvell City terlihat ramai. Para pehobi fitness dan pecinta gym serius memperhatikan dua praktisi ketogenic dari Australia, Eva Rais dan Kirsten Murphy mencoba beberapa alat berat dan weight lifting dan memeragakan secara bergantian. Dipandu Developer Team Urban Athletes, Demy Barumalang, mereka bersama-sama mengangkat weight lifting secara perlahan. Setelah itu, mereka juga berdemo melatih otot kaki dengan melompat dan turun pada jump box.

Gerakan-gerakan yang diperagakan mereka adalah bagian dari kelas kebugaran baru yang dibuka Urban Athletes. Kelas kebugaran yang disebut The Valor atau keberanian dan kekuatan ini adalah gerakan functional training, dimana belum banyak gym yang melakukannya.

“Ini gerakan fitness yang simpel karena sebenarnya menggabungkan gerakan sehari-hari, seperti mengangkat, melempar, mendorong dan menarik,” papar Founder Urban Athletes, Verawaty Budiyanto di sela-sela launching kelas terbaru The Valor, Sabtu (3/3).

Dijelaskan, adanya functional training ini mampu menurunkan berat badan dan lingkar pinggang, karena fitness ini dilakukan dalam intensitas tinggi dan menggunakan alat berat. Penurunan berat badan ini merata di semua anggota tubuh.

“Semua anggota tubuh bergerak sehingga berat badan turun bertahap dan jadi ideal. Selain itu, The Valor memperkuat otot, sehingga yang tadinya ngos-ngosan ketika naik tangga, ketika melakukan ini jadi bugar. Begitu pula yang tadinya gendut, sekarang otot perut jadi terbentuk,” terangnya.

Sedangkan Developer Team Urban Athletes, Demy Barumalang menjelaskan, pada The Valor ini, semua faktor kebugaran, mulai bentuk otot, endurance dan kekuatan akan sama-sama terbentuk. Makanya, dengan durasi latihan selama sejam, ada banyak variasi gerakan yang melatih semua otot tubuh.

“Ada banyak gerakan, tapi tiap orang berbeda-beda. Itu tergantung kebutuhan, dan kekuatan tubuh,” katanya.

Functional training pada The Valor ini bisa dilakukan semua orang, baik pria atau perempuan. Jika dilihat usia, maka The Valor bisa dimanfaatkan remaja usia 13 tahun hingga lanjut usia. Yang pasti, agar functional training terasa manfaatnya, maka harus dilakukan minimal tiga kali seminggu selama dua minggu.

“Bagi kaum hawa, The Valor juga membuat bentuk kaki dan pantat terlihat bagus,” tambahnya.

Sedangkan seorang praktisi fitness, Wijaya (39), warga Wonorejo menilai, functional training pada The Valor ini cukup variatif gerakannya, sehingga semua bagian otot bakal terbentuk.

“Ada macam-macam alat bantu, mulai dari barbel hingga palang sejajar. Ini bisa membantu membentuk tubuh dan berat badan ideal,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved