Citizen Reporter

Kutunggu di Puncak Panderman

Matahari terbit di mana pun sama. Yang membedakan, proses untuk menyaksikannya. Coba saja ke puncak Panderman, Batu. Jalurnya cukup bersahabat.

Kutunggu di Puncak Panderman
ist

Liburan merupakan salah satu momen penting untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Jika dirancang dengan cermat, liburan akan menyenangkan.

Mereka yang hobi naik gunung, tetapi tidak punya banyak waktu libur, jelajahi saja puncak-puncak bukit dan gunung yang jalurnya mudah ditempuh.

Selain puncak Mahameru dan Bromo, ada tempat pendakian yang cukup terjangkau, yakni puncak Panderman di Batu. Jarak tempuh dari kota Malang ke pusat informasi Panderman tidak lebih dari satu jam.

Di area Panderman tersedia dua kawasan tempat parkir, yakni khusus sepeda motor matic-mobil, berada di kawasan pertama. Itu karena tanjakannya curam sehingga sepeda motor matic dan mobil matic tidak diizinkan ke atas.

Tempat parkir kedua untuk kendaraan motor bergigi. Letaknya di Pusat Informasi Panderman-Buthak.
Setiap pengunjung yang hendak mendaki wajib melaporkan kunjungannya untuk didata di pos pendakian dan membayar tiket masuk. Harga tiket pendakian Rp 7 ribu dan karcis parkir motor Rp 10 ribu.

Pendaki yang tidak ingin lelah karena perjalanan dari tempat parkir 1 ke pusat informasi bisa naik ojek motor dengan tarif Rp 10 ribu sekali jalan. Lumayan mengirit tenaga.

Kelompok pendakian yang berangkat terdiri atas sebelas orang, Kamis (1/3). Pendakian dimulai sekitar pukul 00.30 tengah malam.

Medan yang sangat gelap, hutan dan bebatuan memacu adrenalin para pendaki. Sebelum mencapai puncak Panderman, beberapa pos pendakian disediakan, dengan lahan yang cukup untuk mendirikan tenda.

Pendakian ke puncak Panderman melewati tiga pos peristirahatan, yakni pos pertama yang menjadi tempat pusat informasi. Pos kedua dinamakan Latar Ombo, lahan yang luas cukup beberapa tenda dan pos ketiga yakni Watu Gede dengan medan bongkahan batu besar di sepanjang jalan setapak.

Para pendaki mendatangi puncak Panderman ramai saat liburan dan libur akhir pekan. Barisan lampu penerang pendaki terlihat sepanjang jalur pendakian. Itu menjadi pemandangan yang menarik.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved