Breaking News:

Komedo dan Jerawat Muncul After Make Up, Begini Saran dari Seorang Make Up Artist Muslimah

Dampak dari wajah yang kurang bersih saat after make up adalah munculnya komedo hingga jerawat.

surya/delya octovie
Vanda dalam acara "Simplicity for Your Flawless Graduation" bersama Wardah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jumat (2/3/2018). 

SURYA.co.id, SURABAYA - Kebersihan merupakan hal utama bagi Irvanda Mulyaningsih, seorang Make Up Artist (MUA) khusus muslimah.

Terutama sehabis make up, wajah harus langsung dibersihkan agar tak muncul komedo atau bahkan jerawat.

Sesudah make up, perempuan yang biasa disapa Vanda ini menyarankan untuk selalu membersihkan wajah secara total, terutama ketika akan tidur.

"Karena make up setipis apapun, pasti bakal nutupin pori-pori. Jadi kalo seharian pake make up, malemnya harus bersih," kata Vanda dalam acara "Simplicity for Your Flawless Graduation" bersama Wardah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jumat (2/3/2018).

Dampak dari wajah yang kurang bersih saat after make up adalah munculnya komedo hingga jerawat. Munculnya kedua 'musuh' ini memang tidak bisa dihindari, namun bisa diminimalisir.

"Karena wajah kan punya kelenjar minyak, kalo ditutupin make up jadinya bisa muncul komedo, dari komedo bisa jadi jerawat. Terutama area T Zone, daerah pipi, itu pori-porinya besar dan produksi minyak juga lebih besar," sambungnya.

Sehari-hari, Vanda yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini membersihkan wajahnya dengan make up remover, karena make up reover akan mengangkat make up sampai ke dalam.

Kemudian, ia akan menggunakan sabun scrub agar kulit semakin bersih.

"Nah, baru pakai pelembab, atau mungkin kalian yang punya krim malam, itu bisa untuk mencegah pengelupasan kulit," tuturnya.

Untuk masalah komedo membandel, Vanda biasanya rutin melakukan scrub di daerah hidung, karena hidung akan selalu memproduksi minyak.

"Dan semua cleansing step ini bagusnya dilakukan waktu malam, karena itu waktunya kulit kita istirahat," paparnya.

Menurutnya, kebersihan tidak hanya penting bagi wajah saja, tetapi juga tangan maupun brush yang digunakan untuk make up. Vanda mengaku lebih suka menggunakan brush, karena lebih higienis.

"Itu pun, brush setiap selesai satu klien, langsung dicuci, supaya menjaga nggak menularkan bakteri-bakteri atau penyakit-penyakit gitu,"

Meski telah menggunakan brush, Vanda tidak lupa selalu membersihkan tangannya terlebih dahulu menggunakan tisu basah antiseptik.

Hal ini ia lakukan demi menjaga kulit kliennya, sehingga tidak ada keluhan infeksi maupun penyakit lainnya setelah beberapa hari usai make up.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved