Pemkot Kediri Menangkan Gugatan Eks Bioskup Jaya, Mau Dijadikan Apa?

Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana, menjelaskan objek sengketa eks gedung bioskup telah ada putusan dari Mahkamah Agung (MA).

Pemkot Kediri Menangkan Gugatan Eks Bioskup Jaya, Mau Dijadikan Apa?
surya/didik mashudi
Eks Gedung Bioskup Jaya di Jl Brawijaya dipasang spanduk berlogo Pemkot Kediri, Jumat (2/3/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pemkot Kediri memenangkan gugatan sengketa kepemilikan laham eks Gedung Bioskup Jaya di Jl Brawijaya, Kota Kediri, Jumat (2/3/2018). Untuk mengamankan aset tersebut, petugas Satpol PP dikerahkan untuk berjaga di lokasi.

Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana, saat dikonfirmasi Surya menjelaskan terkait objek sengketa eks gedung bioskup telah ada putusan dari Mahkamah Agung (MA).

Putusan tersebut mengacu berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI register No 235K/Pdt/2016 dengan tanggal putusan 15 Desember 2016.

"Lahan eks gedung bioskup telah menjadi aset pemkot," kata Apip.

Ditambahkan, setelah memenangkan gugatan saat ini tengah dikaji untuk pemanfaatan lahannya. Karena pemanfaatan lahan harus mengacu pada peruntukan berdasarkan rencana tata ruang dan wilayah.

Sedangkan terkait keberadaan Satpol PP yang berjaga di lokasi tidak hanya semata menjaga area, tapi menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Sementara Nur Khamid, Kabid Trantibun Satpol PP Kota Kediri, menjelaskan petugas satpol bersama dengan DLHKP melakukan pembersihan di lahan eks gedung bioskop tersebut.

Pembersihan ini dengan menyingkirkan pagar seng yang semula menutup bagian depan lahan eks gedung bioskup. Termasuk sejumlah mobil korban lakalantas ada yang dipinggirkan.

Beberapa warung yang sempat membuka jualan juga telah ditertibkan. Lahan yang sempat menjadi objek sengketa ini sudah terlihat lebih bersih.

Pemkot Kediri malahan memasang spanduk berlogo Pemkot Kediri dengan tulisan "Tanah Milik Pemerintah Kota Kediri".

Dijelaskan Nur Khamid, karena status hukumnya sudah dimenangkan Pemkot Kediri, sehingga gedung yang belasan tahun mangkrak itu dilakukan pembersihan.

Keberadaan petugas satpol hanya untuk berjaga sambil bersih-bersih saja. Petugas juga mendirikan tenda lapangan Satpol PP di halaman depan.

Sebelumnya eks Gedung Bioskup Jaya menjadi objek sengketa dengan ahli waris pemilik tanah yang diwakili Yudi Tatang Sujana. Malahan pihak kuasa hukum juga sempat melakukan pembersihan di objek sengketa untuk dimanfaatkan areal pujasera.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved