Citizen Reporter

Mau Skripsi Lancar, Datanglah ke Wisuda Teman

Skripsi macet di tengah jalan itu biasaaa. Masalahnya, macet atau tidak, skripsi tetap harus diselesaikan. Ini caranya.

Mau Skripsi Lancar, Datanglah ke Wisuda Teman
pixabay.com

Skripsi yang bagus adalah skripsi yang selesai. Masalahnya, semangat ketika mulai mengerjakan bab 1 biasanya melemah saat masuk bab 3 dan seterusnya.

Itu sebabnya, mahasiswa perlu dimotivasi agar tetap bersemangat menyelesaikan skripsi. Ada banyak masalah yang dihadapi mahasiswa ketika menyelesaikan skripsi. Itu harus dihadapi dan dicarikan solusi.

Melihat kesulitan menyelesaikan skripsi tepat waktu membuat Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Pelatihan Sukses Menulis Skripsi, Selasa (20/2/2018).

Sejumlah 120 mahasiswa dari berbagai jurusan yang tersebar di seluruh fakultas di UM mengikuti pelatihan yang di Aula LP3 Gedung H8 UM. Pemateri dari Pusat Pengembangan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa, yaitu Irene Maya Simon, Yuliati Hotifah, Gamma, M Ramli, Diniy Hidayatur Rahman, dan Aji Bagus P.

Maya, dosen Bimbingan dan Konseling UM menyampaikan hasil angket yang diisi 113 mahasiswa. Sebagian besar mereka menyatakan kurang terampil menulis karya ilmiah.

Mereka juga mengaku tidak termotivasi menulis skripsi, salah satunya karena tidak ada jadwal yang pasti dengan dosen pembimbing. Yang menarik, alasan sebagian mahasiswa tidak mengerjakan skripsi adalah karena terlalu sibuk dengan kegiatan lain.

“Skripsi itu seperti teman hidup. Semakin sering kita merangkulnya, semakin sayang kita padanya. Semakin sering kita meninggalkannya, semakin benci kita terhadapnya,” ungkap Yuliati saat memberikan sesi Tips dan Strategi Menyelesaikan Skripsi.

Yuliati menyarankan membuat deadline sendiri disertai peringatan, memilih tema penelitian yang disukai dan dipahami, dan mengerjakan skripsi di tempat yang kondusif.

Langkah lain adalah rajin datang ke wisuda teman, mengurangi jadwal nongkrong, dan berada di lingkungan mahasiswa yang ingin segera lulus menjadi sarjana.

“Jangan lupa doa dari diri sendiri dan orang tua,” tambahnya.

Aji, dosen Fakultas Pendidikan Psikologi UM memberikan rumus WDEP (Wants and Needs, Do, Evaluation, Plan). Selain itu, strategi self management juga diberikan untuk para peserta. Strategi itu memiliki tiga tahap, yaitu pengamatan diri, pengaturan lingkungan, dan penghargaan diri sendiri.

“Permasalahan nonteknis menjadi penyebab utama skripsi sulit diselesaikan. Saat berproses dengan penyelesaian skripsi, sebenarnya itu juga proses pendewasaan diri,” ungkapnya.

Tismen Yoga Pradana
Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved