Pilgub Jatim 2018

Di Tulungagung, Puti Ziarah ke Makam Pengasuh Bung Karno di Masa Kecil

Di Kabupaten Tulungagung, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, berziarah ke makam Eyang Canggahnya, Raden Ayu Haryodikromo.

Di Tulungagung, Puti Ziarah ke Makam Pengasuh Bung Karno di Masa Kecil
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Cawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno saat melakukan tabur bunga di makam leluhurnya di Tulungagung, Senin (26/2/2018). 

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Di Kabupaten Tulungagung, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, berziarah ke makam Eyang Canggahnya, Raden Ayu Haryodikromo dan Raden Kartodiharjo, Senin (26/2/2018).

Tak hanya ke kedua sosok leluhurnya, cucu Presiden pertama RI, Soekarno ini juga berziarah di makam Sarinah, seorang pengasuh Bung Karno waktu kecil.

Ia tiba di makam yang berlokasi di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Keduwaru, Tulungagung, sekitar pukul 13.00 WIB. Dia datang dengan didampingi oleh para relawannya. Di lokasi, ia juga sudah ditunggu oleh para simpatisannya.

Setiba di makam, kali pertama ia menuju makam eyangnya. Di tempat ini, kandidat yang berpasangan dengan Calon Gubernur, Saifullah Yusuf ini berdoa sekitar 15 menit. Tak lama, ia kemudian melakukan tabur bunga.

Usai menuntaskan di makam sang eyang, ia lantas pindah ke makam Sarinah. Di makam Sarinah, Puti melakukan kegiatan yang sama.

Puti mengatakan bahwa ziarah tersebut dilakukan lazimnya seorang keluarga kepada leluhurnya.

"Tulungagung memiliki garis keturunan dengan saya. Jadi, secara tidak langsung kami juga keturunan dari Tulungagung," urai Puti di sela kunjungannya.

"Saya datang ke sini untuk berdoa kepada Allah SWT semoga beliaunya diterima di sisi-Nya. Sekaligus, semoga saya mendapat ridho Allah untuk bekerja demi Jawa Timur," urainya.

Sementara itu, ziarah yan dilakukannya ke makam Sarinah untuk mengenang jasa pengasuh Bung Karno muda tersebut. Mengingat, Sarinah adalah salah satu sosok inspirator bagi Bung Karno.

"Sarinah adalah pengasuhnya Eyang Karno. Kalau zaman sekarang disebut suster. Sarinah menjadi salah satu sosok perempuan yang dikagumi dan dihormati oleh Bung Karno," kenang Puti.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved