Citizen Reporter

Cara Mudah Bersihkan Paru-paru

Keluar dari rumah sekarang. Cari lokasi yang memiliki banyak pohon dan nyaman dinikmati. Kebun Raya Purwodadi menjadi pilihan tepat.

Cara Mudah Bersihkan Paru-paru
pixabay.com

Mau kemana akhir pekan nanti? Yang sedang penat dengan suasana kota, barangkali kebun raya bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan.

Satu-satunya destinasi alam kebun raya di Jawa Timur yang bisa kunjungi yaitu Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan. Kebun raya ini memiliki luas lahan sebesar 85 hektare dan sekitar 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Tak banyak yang memilih kebun raya sebagai destinasi wisata padahal kebun raya bisa menjadi tempat piknik atau sekadar berjalan-jalan di alam. Silakan ajak teman, sahabat, maupun keluarga untuk piknik di kebun raya yang terletak di Jalan Raya Surabaya Malang KM 65 itu.

Jangan khawatir, tiket masuk kebun raya ini tak mahal. Cukup dengan Rp 10 ribu pengunjung bisa menikmati sepanjang ruas jalan di dalam kebun raya. Sangat disarankan untuk membawa tikar ya. Jadi tikar bisa digelar di sepanjang area yang ada.

Megunjungi Kebun Raya Purwodadi tak lengkap rasanya jika tidak mengelilingi seluruh wilayah yang ada. Dengan luas 85 hektare, jangan khawatir capai berkeliling. Di jalan setelah pintu masuk, ada persewaan sepeda.

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 11 ribu, pengunjung bisa menyewa sepeda hingga satu jam lamanya. Jika ingin menambah waku, tentu biaya sewa pun bertambah.

Menariknya, di kebuh raya ini pengunjung diperbolehkan membawa mobil untuk masuk. Khusus mobil, dikenakan biaya Rp 15.500. Tarif itu belum termasuk tiket pengunjung. Tentu, dengan mobil pengunjung bisa berkeliling sepanjang kebun raya.

Jika berkunjung ke sana, sangat disarankan untuk membawa bekal dari rumah sebab tak ada penjual makanan berat di area kebun raya. Beberapa penjual yang ada hanya menyediakan camilan dan minuman ringan seperti teh dan kopi.

Ada banyak jalan dan rute di kebuh raya ini. Setiap rute dan spot menawarkan pepohonan dan tumbuh-tumbuhan yang berbeda. Beberapa tanaman koleksi antara lain palem, paku, bambu, obat-obatan, polong-polongan, mangga, pisang, bougenvile, dan masih banyak yang lain.

Di hampir sepanjang ruas jalan yang ada, disediakan tempat duduk permanen. Selain itu, selain pohon-pohon tinggi menjulang, di beberapa ruas jalan pengunjung akan sering menjumpai jalan setapak, sungai, dan kolam reservasi.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved