Citizen Reporter

Perlu Tahu Racikan Halal Masakan Jepang

Harus jeli membaca komposisi bahan jika ingin menyajikan makanan halal. Itu yang dilakukan para ibu ketika belajar membuat makanan halal di Jepang.

Perlu Tahu Racikan Halal Masakan Jepang
ist

Kuliner Jepang yang nikmat sekaligus artistik banyak disuka. Ragamnya juga banyak.

Belajar membuat masakan tradisional Jepang membuat para wanita yang tinggal di sekitar Kyoto dan Osaka, Jepang, bersemangat. Penyelenggara kelas memasak adalah Kyoto Halal Network Association, Sabtu (10/2/2018).

Kyoto seharian diguyur hujan. Peserta tetap antusias. Mereka ingin mencicipi masakan Jepang dengan bahan yang halal.

Maklum bagi muslim yang tinggal di Jepang, mereka cukup kesulitan mendapatkan bahan-bahan makanan halal, khususnya bahan masakan tradisonal Jepang. Kegiatan ini menjadi salah satu sumber informasi bagi mereka untuk mendapatkan bahan-bahan makanan di Jepang.

Kegiatan ini diinisiasi seorang warga Indonesia yang sudah tinggal di Jepang selama 23 tahun, Eni Lestari. Ia bekerja sama dengan Kyoto Halal Network Association yang telah berdiri sejak Desember 2015.

Mereka memperkenalkan masakan tradisional Jepang dengan menawarkan kepada warga muslim di Kyoto untuk mengikuti kelas memasak ini. Sungguh mengasyikan.

“Anggota dari Kyoto Halal Network Association ini semuanya orang Jepang. Tidak ada satupun yang beragama Islam. Sangat mengagumkan. Bagusnya, guru yang mengajar di kelas memasak memiliki sertifikat sebagai pengajar masakan Jepang halal,” kata Eni.

Sertifikat itu diberikan oleh Japan Halal Association, yaitu organisasi yang berwenang mengeluarkan sertifikat halal di Jepang. Untuk mendapatkan sertifikat itu, mereka diberikan pendidikan, alat-alat memasak khusus yang digunakan, dan cara pengolahan yang benar.

Dengan semakin banyaknya peserta dari hari ke hari, diharapkan pengetahuan tentang makanan halal di Jepang semakin membuat nyaman mereka yang tinggal di Jepang. Eni berharap, kegiatan yang diadakan itu bisa diketahui masyarakat yang tinggal di luar Jepang. Mereka bisa datang ke Jepang dengan nyaman.

Yuk mulai masak!

Sumanti Seman
Creator Nulis Team di Kyoto, Jepang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved