Berita Jember

Kembangkan Potensi Lokal, Universitas Jember Buka Dua Program Studi Baru

Dengan telah turunnya izin pembukaan dua program studi ini, Universitas Jember memiliki 56 program studi di jenjang sarjana.

surya/erwin wicaksono
Universitas Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Universitas Jember secara resmi membuka dua program studi baru, Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, dan Program Studi Peternakan.

Kepastian pembukaan dua program studi baru di jenjang sarjana (S1) ini diperoleh setelah Universitas Jember menerima Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor : 135/KPT/I/2018 tentang pembukaan program studi baru di Universitas Jember.

Kabar ini disampaikan Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember di Kampus Tegalboto (20/2/2018).

Menurut Agung Purwanto, Program Studi Konstruksi Perkapalan berada di Fakultas Teknik.

Sementara Program Studi Peternakan masuk ke Fakultas Pertanian, yang ada di Universitas Jember Kampus Bondowoso.

Agung Purwanto lantas menambahkan, pembukaan kedua program studi tersebut tidak lepas dari upaya pengembangan potensi lokal yang ada di Jember dan sekitarnya.

Misalnya Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, selain mempelajari mengenai desain kapal, kekuatan material, proses produksi perkapalan, hidrodinamika, dan mata kuliah lainnya, program studi ini akan fokus pada pengembangan kapal kayu, dan kapal berbahan fiberglass untuk kebutuhan nelayan dan pariwisata.

“Pantai di Jember dan sekitarnya termasuk dalam lingkup Laut Selatan Jawa yang memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang besar, namun memiliki karakteristik yang berbeda dengan Laut Utara Jawa. Bertolak belakang dari potensi ini kami berusaha untuk memberikan kontribusi melalui pengembangan kapal yang cocok untuk pantai di Laut Selatan Jawa,” terang Agung Purwanto.

Sementara Program Studi Peternakan, proses belajar mengajar dilaksanakan di Universitas Jember Kampus Bondowoso.

Pemilihan lokasi di Bondowoso juga tidak lepas dari potensi Bondowoso yang selama ini sudah terkenal sebagai daerah yang menjadi sentra peternakan, khususnya sapi di Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved