Di Hadapan Pengusaha Tempe Sanan Malang, Emil Berwacana Ciptakan Varietas Kedelai Unggul

Emil mengaku sudah setahun ini mulai mengembangkan varietas kedelai unggul di Trenggalek yang diklaim produktivitasnya lebih tinggi.

Di Hadapan Pengusaha Tempe Sanan Malang, Emil Berwacana Ciptakan Varietas Kedelai Unggul
surya/fatimatuz zahro
Cawagub Jatim Emil dan istri saat mengunjungi sentra tempe Sanan, Malang, Selasa (20/2/2018). 

SURYA.co.id | MALANG - Cawagub Jatim Emil Elestianto Dardak berwacana akan mengembangkan varietas unggul kedelai. Hal ini dilontarkan pasangan Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi sentra industri tempe di Sanan, Malang, Selasa (20/2/2018).

Wacana tersebut diucapkan untuk menjawab keluhan perajin tempe yang kesulitan memperoleh bahan baku, terutama kedelai lokal.

"Bisa investasi menanam kedelai di luar pulau. Sebab tantangannya menanam kedelai adalah cuaca dan tanaman yang tumbuh di sela tanaman padi," kata Emil.

Suami Arumi Bachsin ini membeberkan sudah setahun ini mulai mengembangkan varietas kedelai unggul di Trenggalek. Varietas kedelai itu diklaim produktivitasnya lebih tinggi.

"Kami akan mendorong untuk menanam kedelai itu karena lebih produktif. Sebab masalahnya hampir semua usaha kedelai menggunakan bahan impor," sambungnya.

Tidak hanya itu, Emil menyatakan sentra tempe Sanan ini juga bisa difasilitasi untuk pemasangan jaringan gas yang bersumber dari biogas.

Menurutnya itu lebih bermanfaat karena bisa menyalurkan biogas yang ada ke setiap rumah home industri.

"Butuh investasi sekali saja di depan, tapi manfaatnya luar biasa untuk bisa memanfaatkan limbah kotoran ternak untuk bahan bakar," ujarnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved