Pilgub Jatim 2018

Simpatisan Khofifah - Emil Deklarasikan RAH-Khamil, Apa itu?

Pasangan calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak mendorong pendukungnya mendirikan Relawan Anti Hoax Khofifah-Emil(RAH-Khamil).

Simpatisan Khofifah - Emil Deklarasikan RAH-Khamil, Apa itu?
surya/fatimatuz zahro
Pendukung pasangan calon dengan nomor urut 1, Khofifah-Emil, melakukan deklarasi Relawan Anti Hoax Khofifah-Emil (RAH-Khamil), Jumat (16/2/2018). 

SURYA.CO.ID| SURABAYA - Beberpa kali diterpa black campaign maupun berita hoax bahkan sejak belum ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur.

Pasangan calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak mendorong elemen pendukungnya bergerak dan bergabung mendirikan Relawan Anti Hoax Khofifah-Emil (RAH-Khamil).

RAH-Khamil dideklarasikan pada Jumat (16/2/2018).

Koordinator RAH-Khamil, Aan Ainur Rofik, mengatakan sejumlah hal menjadi pertimbangan berdirinya relawan ini.

Salah satunya adalah saat Khofifah-Emil masih berstatus bakal calon, di media sosial ada oknum yang menyebarkan berita hoax, dan menyebar meme hoax dan juga menyebar berita tidak benar.

"Selain itu salah satu tim pemenangan calon lain ada yang secara fisik menghina bakal calon yaitu Mbak Khofifah," kata Aan saat diwawancarai Surya.

Dari dua poin kejadian itu, maka para pendukung Khofifah-Emil yang terdiri dari elemen yang berbeda-beda itu sepakat untuk mendeklarasikan relaqan anti hoax.

"Kami akan ke Polrestabes Surabaya dan menunjukkan akun ya g diduga menyebarkan hoax. Kita akan konsultasi dengan Polrestabes apa ini hoax, pidana, atau melanggar UU ITE," ucap Aan.

Mereka juga akan meminta petunjuk terkait rambu-rambu pelanggaran pidana maupun yang pelanggan uu ITE.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan konsultasi ke Bawaslu untuk mengkonsultasikan tentang temuan yang mengandung hoax tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved