Berita Sidoarjo

Banjir Porong Sidoarjo Terjadi Karena Sungai Mengalami Pendangkalan

Banjir parah yang melanda kawasan Porong Sidoarjo tiap hujan deras terjadi karena adanya pendangkalan sungai. Lalu bagaimana?

Banjir Porong Sidoarjo Terjadi Karena Sungai Mengalami Pendangkalan
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Sejumlah warga membantu mendorong truk yang mogok di tengah banjir Jalan Raya Porong Sidoarjo, Jumat (16/2/2018). Saking banyaknya kendaraan yang mogok, mereka pun harus antre mendapatkan pertolongan warga 

SURYA.co.id | SIDOARJO – Banjir yang terjadi di Jalan Raya Porong Sidoarjo merupakan dampak dari pendangkalan Sungai Kedungan dan Sungai Ketapang. Ketika curah hujan tinggi, dua sungai tersebut tidak dapat menampung air lantaran mengalami pendangkalan.

Selain sedimennya terlalu tinggi, di dua sungai tersebut juga banyak sampah dan tanaman enceng gondok. Karena itulah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo berupaya melakukan pengerukan terhadap dua sungai tersebut.

Pengerukan dilakukan untuk mengembalikan kedalaman sungai dan mengembalikan fungsinya alias normalisasi.

“Sungai yang diduga menjadi penyebab banjir karena mengalami pendangkalan itulah yang berusaha kami normalisasi,” kata Kepala Dinas PUPR Sidoarjo, Sigit Setyawan.

Proses normalisasi dilakukan PUPR bekerjasama dengan PPLS dan BBPWS.

“Untuk normalisasi Sungai Kedungan sudah ada dalam perencanaan tahun ini, setelah sebelumnya kami koordinasi pada akhir 2017, saat Porong tergenang air selama seminggu lebih,” sambung dia.

Normalisasi sungai Kedungan akan berlangsung sekitar 14 hari, untuk proses pengerukan sepanjang dua kilometer. Dan setelah kedalaman sungai kembali normal, diharapkan bisa menampung air ketika hujan deras mengguyur dengan intensitas tinggi.

Dikatakan Sigit, selain melakukan normalisasi, dalam penanganan banjir ini Pemkab Sidoarjo juga menyiapkan pompa yang berada di Desa Kedung Kampil, Porong untuk menyedot air yang menggenangi jalanan.

Baca: Awas, Banjir Porong Sidoarjo Sebabkan Kemacetan di Jalur Tol Surabaya-Malang

Baca: Banjir Porong Sidoarjo Jadi Obyek Jepretan Kamera Pengguna Jalan

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved