Road to Election

Kampanye Hari Pertama, Khofifah Indar Parawansa Dialog dengan Nelayan di TPI Lamongan

Tempat ini merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di Lamongan dan menjadi tempat supplier ikan baik untuk Jatim dan Indonesia.

Kampanye Hari Pertama, Khofifah Indar Parawansa Dialog dengan Nelayan di TPI Lamongan
surya/fatimatuz zahroh
Calon Gubernur Jawa Timur dengan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa, saat berdialog dengan nelayan dan pemilah ikan di TPI Brondong Kabupaten Lamongan, Kamis (15/2/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hari pertama tahapan kampanye, Kamis (15/1/2018) diisi calon gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa, dengan safari ke Kabupaten Lamongan.

Titik pertama yang dituju Khofifah adalah Tempat Pelelangan Ikan Brondong Kabupaten Lamongan.

Tempat ini merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di Lamongan dan menjadi tempat supplier ikan baik untuk Jatim dan Indonesia.

Begitu datang ke sana, Khofifah diserbu oleh nelayan dan juga pekerja pemilah ikan yang mayoritas adalah perempuan.

Dialog dan mendengarkan keluhan di sana, dikatakan Khofifah, menjadi salah satu bentuk navigasi program yang ia dan tim lakukan.

"Kami ingin melihat, mendengar, memantau, mereka di sini yang selama ini menggunakan cantrang. Ini salah satu tempat strategis dan siginifikan produskinya untuk suplai ikan di Jatim dan Indonesia. Karena yang mereka ekspor itu juga siginifikan. Saya perlu tahu berapa gross ton (GT) cantrang yang ada di sini," kata Khofifah.

Sebab berdasarkan dialog yang didapatkan Khofifah banyak masyarakat sekitar TPI yang mengeluh.

Misalnya warung disekitar TPI sempat sepi, lalu juga pekerja pemilah ikan yang kebanyakan perempuan harus berhenti karena banyak kapal cantrang yang tidak melaut.
Salah satu sebabnya adalah karena regulasi operasionalisasi cantrang.

Dari dialog yang dilakukan ternyata cantrang yang digunakan di Brondong adalah cantrang dengan ukuran di bawah 30 GT. Menurut Khofifah, harus ada kualifikasi khusus.

Bahwa cantrang dengan ukuran 30 GT ke bawah pemiliknya adalah nelayan atau gabungan nelayan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved