Single Focus

Dina Ingin Masuk SMA Negero karena Banyak Siswa Cerdas

Sekolah berkualitas dan eksklusif bukan hanya di sekolah swasta, sekolah negeri juga tak kehilangan pamornya di mata para pejabat dan pengusaha.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekolah berkualitas dan eksklusif bukan hanya di sekolah swasta, sekolah negeri juga tak kehilangan pamornya di mata para pejabat dan pengusaha. 

Seperti di SMAN 16 Surabaya, yang banyak menerima siswa, yang notabene anak pejabat kampus, pengusaha hingga staf ahli angkatan darat.

Andi Dina Ayu Paramitha, putri Staf Ahli Panglima Kodam XIV Hasanuddin Makassar, merupakan salah satu siswa berprestasi di sekolah yang berada di Jl Raya Prapen 59 ini.

Ia mengungkapkan, memilih SMAN 16 dengan dukungan orang tuanya. Apalagi, sekolah ini memiliki banyak penghargaan, juga dikenal banyak memiliki siswa yang pintar dan cerdas.

“Saya juga punya anggota keluarga sukses yang lulusan SMAN 16. Makanya saya ingin masuk sekolah ini sejak awal,” ujar gadis yang kerap memandu acara berbahasa Inggris ini.

Meski memiliki ayah dengan profesi di AD, menurutnya, ia tidak mendapat perlakuan spesial dari teman-temannya. Ia justru dikenal dan mendapat perlakuan baik karena kemampuan berbahasa inggris.

“Keuntungan bisa berbicara bahasa inggris, saya memiliki percaya diri yang tinggi karena mengerti apa yang dibicarakan. Selain itu, saya bisa berbicara dengan orang asing yang tidak bisa berbicara bahasa Indonesia,” ungkap dara yang gemar membaca novel berbahasa Inggris ini.

Andi Dina juga kerap dipercaya teman-teman dan guru-guru untuk tampil berbicara bahasa Inggris, bahkan berpidato.

Dikenal Aktif

Waka Humas SMAN 16, Abdul Razzaq Thahir mengungkapkan, SMAN 16 Surabaya dikenal secara turun temurun dari orang tua. Apalagi, orang tua yang ingin anaknya masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Pasalnya, track record siswa SMAN 16 Surabaya yang diterima di PTN cukup besar.

“Mereka cukup berprestasi di PTN tujuan, sehingga kampus negeri tidak ragu kalau mau mengambil siswa dari sini,” ujarnya.

Selain itu, menurut Abdul Razzaq, siswa SMAN 16 dikenal cukup aktif mengadakan acara hingga bisa melatih kepribadian anak.

“Saat ini kami berusaha bisa menembus OSN (Olimpiade Siswa Nasional), karena kami mendapat mitra kerja untuk membimbing anak-anak,” paparnya.

Banyaknya orang tua siswa dari kalangan akademisi atau dosen juga membuat sekolah memiliki jaringan luas untuk pelatihan belajar anak.

Targetnya, SMAN 16 akan melatih siswa untuk mendapat juara OSN, mengalahkan sekolah-sekolah swasta yang selama ini unggul.

“Kami ingin menggaet alumni untuk ikut membina OSN juga. Jadi yang kami tawarkan di SMAN 16 ini sudah bukan isapan jempol. Kami sudah memiliki brand image,” tegas Abdul Razzaq. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved