Breaking News:

Insan Pers Diajak Jaga Pilgub Jatim dari Hoax

"Sudah jadi tugas bersama, termasuk insan media, untuk menyajikan berita mendidik jelang pilkada," imbuh Anissullah.

Ketua KPU Bangkalan Moch Fauzan Jakfar (berkaca mata hitam) dan Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha menempelkan stiker 'Jangan Rusak Pilkada Bangkalan dengan Berita Hoax' pada perayaan HPN Ke-73 di Alun-alun Kota, Jalan A Yani, Kelurahan Demangan, Jumat (9/2/2018) 

SURYA co.id | BANGKALAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan meminta insan pers di Bangkalan untuk ambil bagian dalam meminimalisir berita-berita hoax jelang Pilgub Jatim 2018. Hal ini disampaikan Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar, saat merayakan Hari Pers Nasional (HPN) ke-73 di Alun-Alun Bangkalan, Jumat (9/2/2018).

Fauzan berharap insan pers juga menjadi pengawas kinerja KPU dan juga tim kampanye masing-masing paslon yang berpotensi melanggar aturan Pilgub.

"HPN kali ini bertepatan momennya dengan gelaran Pilgub. dengan semangat HPN, saya minta rekan-rekan jurnalis mengawasi Pilgub ini dan meminimalisir berita-berita hoax tentang Pilgub dari oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Fauzan.

Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M Ridha, yang turut hadir menambahkan tema HPN di Bangkalan kali ini selaras dengan program Polri dalam memberangus berita hoax.

Kapolres menuturkan para pemilih pemula juga harus diberi pemahaman bahwa mereka merupakan bagian dari sistem pilkada.

"Sudah jadi tugas bersama, termasuk insan media, untuk menyajikan berita mendidik jelang pilkada. Agar masyarakat mampu menyaring dan menampung berita yang baik dan benar," imbuh Anissullah.

Sementara Ketua Panwaslukab Bangkalan Mustain Saleh menegaskan, pihaknya akan menindak secara hukum jika menemukan akun sosial media milik pasangan calon (paslon) yang menebar atau membuat berita hoax.

"Seperti yang telah diatur, hoax tergolong kategori kampanye hitam. Jika akun itu terbukti milik paslon, bisa diproses pidana. Bahkan bisa dibatalkan kepersetaannya dalam pilkada," tegas Mustain.

Sedangkan bagi relawan paslon, lanjutnya, bisa diproses dengan pidana umum tentang penyebaran berita hoax.

"HPN ini kita jadikan momentum untuk mencegah dan meminimalisir peredaran berita hoax," pungkasnya

Pada acara ini, Ketua KPU Bangkalan, Kapolres, Panwaslukab, bersama insan pers yang terbagung dalam organisasi Wartatama menyebarkan ratusan stiker kepada para pengguna jalan. Stiker itu bertuliskan 'Jangan Rusak Pilkada Bangkalan dengan Berita Hoax'.

Pembagian stiker juga dilakukan di SMAN 2 Bangkalan. Bahkan di sekolah ini, siswa kelas XII yang merupakan para pemilih pemula, dikumpulkan di halaman sekolah dan dibekali wawasan tentang pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam pelaksanaan pilkada.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved