Bisnis

Pasar Stagnan, Produsen Kasur King Koil dan Sentra Catat Kenaikan Penjualan Hingga 2 Digit

PT Duta Abadi Primantara yakin penjualan spring bed sepanjang 2018 akan tumbuh meski ada kecendurungan pasar stagnan.

Pasar Stagnan, Produsen Kasur King Koil dan Sentra Catat Kenaikan Penjualan Hingga 2 Digit
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Th Mey Lianny Kwa, General Manager Business Development PT Duta Abadi Primantara (DAP) (tengah) bersama Mukti Argo, Group Brand Manager DAP (kanan), disela kegiatan launching butik King Koil dan Sentra di Surabaya, Kamis (1/2/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perlambatan ekonomi di tahun 2016-2017 membuat penjualan kasur pegas atau spring bed stagnan, bahkan cenderung mengalami penurunan.

Namun di kelas atau segmen premium, pasar masih tumbuh meski tipis. 

"Itu kondisi pasar yang terjadi sejak tahun 2016. Tapi bagi kami tahun 2017, penjualan produk di segmen premium malah naik dua digit. Sehingga kami optimis melihat potensi penjualan spring bed di tahun 2018 ini," jelas Th Mey Lianny Kwa, General Manager Business Development PT Duta Abadi Primantara (DAP), distributor tunggal spring bed King Koil dan Sentra di sela launching butik di Surabaya, Kamis (1/2/2018).

Diakui Mey Lianny, tahun 2017 lalu, produk untuk segmen premium tumbuh besar karena ditopang kondisi ekonomi yang mulai membaik.

Kemudian pertumbuhan pasar properti yang memang sering sejalan dengan pasar spring bed.

Terutama untuk segmen apartemen dan hotel, yang menjadi salah satu segmen yang memberi kontribusi yang lumayan.

Menurut Mukti Argo, Group Brand Manager DAP, saat ini pasar dari korporate dibanding retail masih 30 persen - 70 persen.

"Kehadiran hotel baru cukup memberi kontribusi penjualan yang meningkat. Namun penjualan ritel juga meningkat. Sehingga komposisinya tetap," jelas Mukti.

Saat ini hampir 70 persen pengguna spring bed premium adalah hotel untuk bintang 4 dan 5 yang mayoritas dari kedua brand ini. Selain hotel baru, dalam jangka waktu tertentu, hotel bintang itu juga melakukan replacement atau pergantian kasur pegas. Kondisi itu membuat pasar semakin besar pada spring bed premium.

Langkah yang dilakukan oleh perusahaan ini untuk meningkatkan kinerja di tahun 2018 adalah dengan menambah butik khusus produk King Koil dan Sentra. Saat ini, kedua brand ini cukup memimpin pasar spring bed premium dengan kontribusi market share mencapai 40 persen.

Kehadiran butik khusus King Koil dan Sentra di Surabaya, ditargetkan bisa menjadi nilai lebih dan pengalaman lebih bagi konsumen yang datang.

"Kami sudah ada di jaringan retail tapi kami juga berikan butik khusus yang bisa memberikan pengalaman dan informasi yang jelas pada konsumen. Terutama konsumen retail. Mereka merupakan segmen konsumen yang matur atau sudah mapan, sehingga membelanjakan uang berapapun harganya untuk produk premium perlu pelayanan yang lebih maksimal," jelas Mukti.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved