Berita Surabaya

Unjuk Rasa di Kejati Jatim, Mahasiswa Tagih Janji Pengusutan P2SEM

Aktivis mahasiswa dari sejumlah universitas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Jatim Menggugat (AMJM) menuntut pengusutan kasus P2SEM

Unjuk Rasa di Kejati Jatim, Mahasiswa Tagih Janji Pengusutan P2SEM
surabaya.tribunnews.com/anas miftakhudin
Aktivis mahasiswa saat menggelar aksi di depan gedung Kejati Jatim di Jalan A Yani untuk kembali mengusut kasus P2SEM, Rabu (31/1). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aktivis mahasiswa dari sejumlah universitas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Jatim Menggugat (AMJM) menggelar aksi di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Rabu (31/1).

Aliansi yang terdiri dari beberapa elemen seperti Komite Mahasiswa Anti Korupsi (KOMAK), BNP2DI dan GEMA Jatim mendorong Kejati Jatim untuk mengusut lagi kasus skandal korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM).

Persoalan itu (P2SEM) kian mengerucut pascatertangkapnya dr Bagoes Soetjipto di Johor, Malaysia beberapa waktu lalu.

VIDEO - Dokter Bagoes, Buron Paling Dicari Akhirnya Dibawa ke Kejati Jatim di Bawah Kawalan Pejabat

Dokter Bagoes dinilai tahu siapa saja yang 'bermain' dibalik kasus P2SEM itu. Karena ditengarai ada orang yang diduga bermain dan masih bebas berkeliaran di luar.

Dalam aksinya, mahasiswa menyatakan enam sikap.

Pernyataan sikap itu adalah: menolak dan melawan segala bentuk korupsi di Jatim; mendukung Kejati Jatim dalam mengusut tuntas kasus korupsi P2SEM; menagih Kejati Jatim yang telah mengatakan akan membuka kembali kasus P2SEM pada awal tahun 2018; mengimbau agar Kejati Jatim segera mengusut dan menuntaskan kasus korupsi P2SEM; dan mendesak agar Kejati Jatim menegakkan supremasi hukum, terkait kasus tindakan korupsi di Jatim.

"Skandal P2SEM adalah perampasan hak rakyat. Bagaimana tidak, dana hibah dari APBD yang seharusnya disalurkan dan diterima oleh rakyat, justru dibuat ‘bancakan’ dan dinikmati oleh segelintir elit di DPRD dan pemerintahan di Jatim," tandas Ketua Gema Jatim, Basuki dalam orasinya.

Awal Tahun Kasus P2SEM Dibuka, Kajati Jatim: Mudah-mudahan dari dr Bagoes Diperoleh Data Signifikan

Orasi yang berlangsung sekitar 1,5 jam digelar depan gedung Kejati di Jalan A Yani. Enam orang perwakilan ditemui dipersilakan masuk untuk menyampaikan aspirasinya oleh pihak Kejati.

Halaman
12
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved