Pilgub Jatim

Ulama Madura dan Tapal Kuda Ikrarkan Pemilu Damai

Aliansi Ulama Madura (AUMA) dan Aliansi Ulama Tapal Kuda (AUTADA) menggelar ikrar Pemilukada Aman di gedung Tribrata Polda Jatim, Rabu (31/1)

Ulama Madura dan Tapal Kuda Ikrarkan Pemilu Damai
surabaya.tribunnews.com/anas miftakhudin
Pada ulama Madura dan Tapal Kuda berfoto bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V/Brawijaya usai ikrar Pilkada Damai di Mapolda Jatim, Rabu (31/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aliansi Ulama Madura (AUMA) dan  Aliansi Ulama Tapal Kuda (AUTADA) menggelar ikrar Pemilukada Aman di gedung Tribrata Polda Jatim, Rabu (31/1/2018).

Acara ini digagas Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjend Arif Rachman untuk menciptakan kondisi Jatim aman, damai dan tenteram.

Apalagi di tahun politik ini, Jatim mempunyai gawe besar karena di wilayah Jatim di 18 kota/kabupaten digelar pemilihan kepala daerah.

"Kami duduk bersama dengan ulama tak lain untuk menciptakan kondisi Jatim yang aman dan nyaman. Ulama adalah panutan masyarakat sehingga jika ada apa-apa bisa segera diredam," ujar Irjen Machfud Arifin usai acara.

Kapolda menjelaskan, pesantren yang dipimpin kyai tentu memiliki banyak santri. Satri tersebut akan ikut meramaikan kontestan dalam Pilkada Jatim 2018.

"Para kyai, ulama, sampai santri agar tetap bisa berpartisipasi dan mengajak masyarakat melakukan pemilihan kepala daerah," jelasnya.

Salah satu tolok ukur partisipasi masyarakat yang tinggi dalam meramaikan Pilkada dalam setiap tahapan adalah kunci kesuksesan. "Yang lebih penting adalah mengimbau pada masyarakat dan para santri agar tidak mudah terprovokasi," tandasnya.

Para kyai dan ulama juga didorong agar mengajak masyarakat tidak berbuat negatif, permusuhan, serta perpecahan yang harus dihindari.

"Itulah tugas para kyai dan ulama yang hari ini menyatakan mendukung ikrar, mendukung kekondusifan wilayah Jatim dalam rangka Pilkada serentak 2018," paparnya.

Kapolda dan Pangdam sangat berterima kasih pada kyai dan ulama yang mempunyai keinginan kuat untuk bisa membantu aparat keamanan dalam menjaga kekondusifan di wilayah masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved