Citizen Reporter

Mau Merangkak atau Meloncat?

Awal perkuliahan biasanya identik dengan perasaan malas karena merasa liburan yang sudah berlalu masih kurang lama.

Mau Merangkak atau Meloncat?
pixabay.com

Perasaan itu menjadi salah satu faktor kuat yang membuat mahasiswa malas ke kampus.

Untuk membangkitkan semangat mahasiswa, Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan seminar motivasi. Temanya cukup mengena, yaitu dengan tema Meluruskan Niat dan Menguatkan Tekad Menuju Hari Esok yang Penuh Barokah, Selasa (23/1/2018).

Lebih dari 300 peserta hadir. Sebagian besar adalah mahasiswa Jurusan Fisika UM. Sebelum acara dimulai, Sentot Kusairi, Ketua Jurusan Fisika berpesan kepada mahasiswa agar menghadapi perkuliahan dengan semangat dan jujur.

Acara diadakan di aula gedung O1 FMIPA UM dengan menghadirkan Arief Alamsyah Nasution. Arief yang dosen Kedokteran Universitas Brawijaya menuturkan, semua kesuksesan berawal dari mimpi.

“Mimpi itu perlu dituliskan secara gamblang di kamar dan diyakini pasti tercapai,” kata Arief.

Ia menambahkan, banyak anak muda yang sulit meraihnya karena tergiur pada kemudahan yang tidak menuntut mereka berusaha keras. Itu berbandingterbalik dengan masa lampau saat musuh terbesar mereka adalah kesulitan.

“Ketika yang direncanakan tidak berjalan sesuai keinginan, kita harus menerimanya. Mindset yang perlu ditanamkan dalam-dalam adalah kita tidak berusaha menjadi orang yang sukses, tetapi menjadi orang yang berarti bagi sekitar,” papar Arief.

Ada dua tipe manusia secara umum, yaitu growth mindset dan fixed mindset. Tolok ukur keduanya ada pada respons terhadap tantangan, usaha yang dilakukan, sikap terhadap kritikan, dan ketangguhan menghadapi rintangan.

Menurutnya, ada dua tipe orang yang akan bereaksi setelah keluar dari seminar motivasi itu. Pertama, bergerak mencapai kesuksesan dengan cara merangkak dan yang kedua mencapai kesuksesan dengan cara meloncat.

Tismen Yoga Pradana
Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved