Pilgub Jatim

Demokrat Jatim Undang Khofifah, Bukti Komitmen Serius Pakde Karwo dan Partai

Pertemuan Pakde Karwo dengan Khofifah Indar Parawansadi kantor DPD Partai Demokrat sebagai salah satu proses membangun konsolidasi.

Demokrat Jatim Undang Khofifah, Bukti Komitmen Serius Pakde Karwo dan Partai
ist
Airlangga Pribadi 

oleh : Airlangga Pribadi Kusman, CEO The Initiative Institute, Pengamat Politik dari Universitas Negeri Airlangga

Pertemuan Pakde Karwo (Soekarwo, Ketua DPD Demokrat Jatim) dengan Ibu Khofifah (Khofifah Indar Parawansa, Bakal Calon Gubernur Jatim) di kantor DPD Partai Demokrat sebagai salah satu proses membangun konsolidasi.

Konsolidasi yang lazimnya dilakukan antara partai dengan kandidat yang diusung, yakni Ibu Khofifah, dan Mas Emil (Emil Elestianto Dardak, Bakal Calon Wakil Gubernur Jatim).

Tak sekadar konsolidasi semata, hal ini juga menunjukkan komitmen serius dari Pakde Karwo serta Partai Demokrat untuk memenangkan kandidatnya dalam pemilihan gubernur mendatang.

Sebelumnya, mungkin banyak yang beranggapan bahwa dukungan Pakde Karwo terhadap Khofifah setengah hati. Mengingat, keduanya memang pernah berkompetisi di dua pilkada sebelumnya.

Namun hal ini seakan dibantah dengan tegas bahwa isu tersebut tak lebih dari asumsi semata. Pakde Karwo ingin mengabarkan kepada masyarakat Jawa Timur bahwa dua figur ini memiliki kapasitas dan kemampuan kepemimpinan.

Sehingga, begitu pantas untuk melanjutkan program kepemimpinan di Jatim. Yang mana, kini di bawah kekuasaan Pakde Karwo sebagai Gubernur Jatim.

Serta, pasangan ini juga dinilai memiliki teknokrasi untuk merawat keberhasilan pembangunan di Jawa Timur. Sebuah penegasan yang memang dibutuhkan untuk meyakinkan pemilih.

Lebih dari itu, momentum pemilihan waktu konsolidasi yang dilakukan menjelang masa kampanye, juga merupakan persiapan untuk memanaskan mesin partai.

Apalagi, masa kampanye akan dibuka pada 15 Februari 2018 mendatang atau kurang dari dua pekan. Sehingga, hal yang lazim apabila hal ini juga menjadi salah satu strategi partai.

Dengan adanya komitmen dukungan ini, maka akan sekaligus memperkuat suara pasangan ini. Terutama, untuk daerah di Mataraman, yang mana sebagai arena pertarungan dari Emil (Emil juga merupakan Bupati Trenggalek).

Mengingat, Pakde Karwo memiliki pengaruh kuat di daerah tersebut. Serta Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, juga merupakan figur kelahiran sana. Sehingga, memang cukup potensial. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved