Kuliner Surabaya

Risjttafel, Sajian ala Kolonial Belanda di Sekarwangi Hotel Santika Jemursari

Risjttafel di Santika Jemursari diciptakan untuk jamuan kekeluargaan. Menu lengkap ini bisa dinikmati beramai-ramai tetapi dengan kemasan yang elegan

Risjttafel, Sajian ala Kolonial Belanda di Sekarwangi Hotel Santika Jemursari
surabaya.tribunnews.com/achmad pramudito
Risjttafel, Sajian ala Kolonial Belanda di Sekarwangi Hotel Santika Jemursari 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di dunia kuliner, nama ‘Risjttafel’ tentu sudah tak asing. Istilah ini sudah populer sejak jaman kolonial Belanda.

Jamuan gaya ‘risjttafel’ ini dulu muncul dan diciptakan oleh para penjajah untuk menjamu tamu-tamu sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya negeri jajahan mereka. 

Meski sajian ini dipopulerkan oleh penjajah Belanda, namun makanan yang disajikan merupakan makanan asli Nusantara dengan menu pokoknya adalah nasi.

“Risjttafel sendiri bila diartikan ke Bahasa Indonesia adalah Meja Nasi,” kata Choirul Abidin, chef Hotel Santika Jemursari Surabaya.

Menurut Chef Choirul Abidin, makanan yang tersaji dalam risjttafel sedikit mengadaptasi masakan Indonesia, sedikit Asia, dan Barat yang biasanya sebagai hidangan penutup seperti pudding atau minuman anggur.

Sedang risjttafel di Restoran Sekarwangi Hotel Santika Jemursari terdiri dari nasi, sup, menu pembuka, jenis sayur, dan lauk yang masing-masing dalam sajian dua porsi.

Jenis menu yang bisa dipilih antara lain gado-gado atau rujak cingur sebagai hidangan pembuka. Supnya terdiri dari sayur asem, sop buntut, soto ayam, dan soto daging.

Untuk lauknya ada ikan, sate, aneka olahan ayam, dan daging. Sedang sayur ada tumis kacang panjang dan tumis tahu tempe. Buat hidangan penutup ada aneka es buah, dan pudding.

“Nasi pun bisa dipilih mulai nasi putih hingga nasi jagung,” tutur Chef Choirul.

Sajian risjttafel ini bisa dinikmati dengan cara memesan satu hari sebelumnya. Dan menu tersebut bisa dinikmati untuk empat orang dengan harga Rp 250 ribu/net.

Dari aneka pilihan menu tersebut masih ada tambahan es teh dan air mineral secara cuma-cuma per paketnya.

“Risjttafel di Santika Jemursari diciptakan untuk jamuan kekeluargaan. Karena menu lengkap ini bisa dinikmati beramai-ramai tetapi dengan kemasan yang elegan,” tutur Radinia Pitaramita, Public Relation Hotel Santika Jemursari Surabaya.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved