Pilgub Jatim

Begini Konsep 'Desa Cerdas' ala Gus Ipul

Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut salah satu program prioritasnya adalah mewujudkan 'Desa Cerdas'.

Begini Konsep 'Desa Cerdas' ala Gus Ipul
surya/bobby constantine koloway
Gus Ipul di sela meresmikan relawan pemenangan di Jember. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut salah satu program prioritasnya dalam membangun Jatim adalah mewujudkan 'Desa Cerdas'.

"Kita perlu melakukan iktiar konkret dalam rangka mengatasi tantangan. Salah satu program yang akan kita kembangkan adalah desa cerdas," Kata Gus Ipul ketika meresmikan tim relawan Sedulur Jember beberapa waktu lalu.

Desa cerdas yang dimaksud adalah program pelayanan terhadap masyarakat yang dipusatkan di desa.

Sehingga, masyarakat tak perlu datang ke kabupaten untuk mengurus administrasi tertentu. "Yang mana, pelayanan nanti semua perpusat di desa," ujar pria yang saat ini masih menjabat Wakil Gubernur Jatim ini.

Gus Ipul mengatakan bahwa pelayanan publik harus didekatkan pada masyarakat. Pelayanan harus efisien sehingga masyarakat tidak terbebani lagi.

Saat ini, Pemerintah Jawa Timur sebenarnya memiliki Pusat Pelayanan Perijinan Terpadu (P2T), dimana 288 perizinan di dinas-dinas saat ini sudah dipusatkan di satu kantor.

Bahkan, proses pengurusan itu bisa dilakukan dengan online.

Namun, menurutnya, hal ini ini perlu ditingkatkan sehingga perizinan ke depan tidak perlu lagi ke Surabaya.

"Kalau bisa nanti perizinan bisa dilakukan di Desa. Memang kewenangannya tetap di Gubernur, tapi proses pelayanannya bisa di desa. Itulah namanya desa cerdas," kata Gus Ipul.

Selain menciptakan desa cerdas, pendidikan juga harus ditingkatkan khususnya pendidikan vokasional dengan menitikberatkan pada keterampilan.

Pendidikan vokasional di Jawa Timur saat ini sudah jalan, namun perlu ditingkatkan lagi.

"Karenannya saya dan Mbak Puti ini mengambil tema Perubahan Berkelanjutan. "Berkelanjutan" karena saya sudah dua periode mendampingi Pakde Karwo (Gubernur), sedangkan 'Perubahan" ini mewakili Mbak Puti," ujarnya.

Dengan tema ini, maka capaian yang telah ada perlu dipercepat, kemudian yang kurang akan diperbaiki dan diubah sehingga kemajuan dan kesejahteraan di Jawa Timur segera terwujud.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved