Berita Mojokerto

Manfaatkan Musim Rekrutmen, Banyak Calon CPNS Berkeliaran di Mojokerto

Rencana rekrutmen CPNS di lingkungan Pemkab Mojokerto mulai didengar oleh sejumlah calo. Mereka pun mulai beraksi memberi janji lolos. Waspadalah!

ist/kompas.com
Ilustrasi 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto mulai dicium oleh sejumlah calo.

Hal ini berdasarkan laporan yang masuk ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mojokerto.

"Kami sudah mendapatkan beberapa laporan terkait keberadaan calo dalam rekrutmen CPNS, yang mulai menyebar di beberapa wilayah," kata Kelapa BKPP Kabupaten Mojokerto Susantoso, Rabu (25/1).

Dari hasil laporan yang masuk ke BKPP, sudah ada tiga wilayah yang menjadi mangkalnya makelar rekrutmen CPNS ini. Seperti, Kecamatan Gedek, Kecamatan Bangsal dan kawasan Dinas Pertanian Jalan RA Basuni, Sooko.

"Kami sudah mengantongi beberapa identitas calo," imbuhnya.

Info CPNS 2018 yang Terbaru di Pemkab Mojokerto, Ini Kuota dan Persyaratan yang Perlu Anda Tahu

Modus yang digunakan oleh para calo ini, tidak lain dengan mengobral janji manis dengan meloloskan ujian CPNS. Namun, tentunya tidak gratis. Para makelar ini menarik biaya yang cukup fantastik.

"Mulai dari puluhan juta sampai ratusan, itu sesuai dengan jurusan," jelas Susantoso.

Untuk itu, ia menghimbau kepada semua CPNS yang akan mengikuti seleksi untuk lebih berhati-hati dan tidak menggunakan jasa apapun. Pasalnya, dalam rekrutmen kali ini menggunakan sistem berbasis IT.

"Jadi bagi para calon, lebih baik menggunakan kemampuan sendiri. Jangan menggunakan jasa calo, karena kami akan menindak tegas dengan jalur hukum perbuat itu," tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemkab Mojokerto akan membuka rekrutmen untuk CPNS 2018 sebanyak 348 formasi dari berbagai jurusan dan keahlian. Untuk dapat lolos seleksi ini, calon pegawai harus memiliki IPK 3,00 dan berasal dafi Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi-A. 

Penulis: Rorry Nurwawati
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved