Berita Surabaya

Dinas Pendidikan Jatim Sementara Melarang Sekolah Rekrut GTT dan PTT

Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim saat ini akan mengeluarkan kebijakan untuk moratorium (Penghentian sementara) rekrutmen GTT/PTT.

Dinas Pendidikan Jatim Sementara Melarang Sekolah Rekrut GTT dan PTT
surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim saat ini akan mengeluarkan kebijakan untuk moratorium (Penghentian sementara) rekrutmen GTT/PTT.

Hal ini dilakukan agar sekolah tidak sembarangan merekrut Guru Tidak Tetap (GTT) maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebagai pengganti guru pensiun yang terus bertambah.

Kepala SMKN 2 Surabaya, Djoko Priatmodjo menuturkan, mulai awal tahun ini sekolah dilarang merekrut GTT/PTT. Hal ini ia ketahui dari surat edaran yang telah diterima sekolah.

Tidak tahu sampai kapan larangan itu. Suratnya ada sudah keluar dari dinas,” tutur Djoko ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Selasa (23/1/2018).

Namun, ia mengungkapkan juga belum berencana melakukan rekrutmen guru. Sebab, kebutuhan jam mengajar masih dapat terpenuhi dengan guru PNS maupun GTT yang saat ini ada.

“Tapi sementara ini tidak masalah. Masih bisa kita diambilkan dari GTT yang ada. Kebetulan jumlah GTT di sekolah kami juga cukup banyak,” tandas Djoko.

Hal senada diakui Kepala SMAN 8 Surabaya, Ligawati. Menurutnya, aturan tersebut akan dilaksanakan dengan memaksimalkan jumlah guru yang ada. Karena itu, sementara tidak akan merekrut guru hingga moratorium itu dicabut.

Sejak tahun lalu, Liga mengaku di sekolahnya sudah ada guru yang pensiun.

“Tahun 2017 satu orang, tahun ini akan ada tiga yang pensiun. Masing-masing guru Fisika, Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Indonesia,” tutur dia.

Di antara empat mapel yang ditinggal pensiun gurunya itu, Liga mengaku masih bisa mengkaver kebutuhannya. Khususnya untuk guru Fisika dan Bahasa Inggris.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved