Berita Surabaya

Unipa Gelar Kompetisi Matematika SD,SMP dan SMA, Penyisihannya Serentak di 4 Kota Besok

Kompetisi yang pendaftarannya digelar sejak akhir tahun 2017 ini akan memasuki babak penyisihan serentak di 4 kota pada Minggu (21/1/2018).

surya/sulvi sofiana
Nur Fathonah, Kaprodi Pendidikan Matematika Unipa dan Teguh Dwi Wijayanto, ketua panitia di sela persiapan tes penyisihan di kampus Unipa, Sabtu (20/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Himatika Unipa) menggelar Kompetisi Matematika tingkat SD, SMP dan SMA. 

Kompetisi yang pendaftarannya digelar sejak akhir tahun 2017 ini akan memasuki babak penyisihan serentak di 4 kota pada Minggu (21/1/2018).

Nur Fathonah, Kaprodi Pendidikan Matematika Unipa mengungkapkan kompetisi yang rutin digelar tiap tahun sejak 2003 ini peminatnya semakin bertambah karena panitia cakupannya semakin luas.

Dari awalnya hanya se-Gerbang Kertasusila dengan 2 rayon tempat tes penyisihan kini menjadi wilayah Jatim dengan 4 rayon penyisihan.

"Sekarang sudah 4 rayon, ada di Jombang, Madura, Surabaya dan Lamongan. Dari segi soal, bobot soal kami tingkatkan karena biasanya yang ikut olimpiade juga langganan lomba di luar. Kami ada tim pembuat soal dari dosen Matematika kami, dibantu dosen yang memang kompeten dalam menentukan standar pembuatan soal dalam kompetisi," paparnya di sela persiapan tes penyisihan di kampus Unipa, Sabtu (20/1/2018).

Dengan sistem pendaftaran online, peserta kompetisi ini dari jenjang SD,SMP dan SMA mencapai 450 peserta.

"Matematika menjadi dasar ilmu lain, kalau sudah bisa berfikir matematis siswa akan mampu berfikir secara logis. Diharapkan juga dengan kompetisi rutin ini bisa menciptakan para ahli sehingga matematika akan bisa diubah paradigmanya menjadi mudah dikerjakan,"lanjutnya.

Teguh Dwi Wijayanto, ketua panitia menambahkan untuk penyisihan di rayon Surabaya masih disediakan pendaftaran on the spot secara offline.

Panitia masih membuka kuota 50 peserta di lingkungan Surabaya.

"Seleksi besok (Minggu, 21/1/2018) tiap rayon diambil 5 persen untuk maju dan 10 persen dari peserta keseluruhan tiap jenjangnya. Misalkan jenjang SD di tiap rayon 50 jadi total pendaftar 200. Akan diambil untuk semifinal di setiap rayon diambil 5 persen. Kemudian diambil 10 persen dari 200 peserta dari jenjang SD," ungkap mahasiswa semester 5 pendidikan matematika.

Rencananya, untuk penyisihan di 3 rayon luar Kota Surabaya, 30 panitia diterjunkan.

Yaitu 10 panitia di SMAN 1 Jombang, 10 panitia di Lamongan dan 10 panitia di SMPN 1 bangkalan.

"Semifinal dan final dilaksanakan 28 Januari, untuk jenis soal semifinal ada 30 pilihan ganda dan 10 isian singkat. Saat final diambil 5 besar. Dan sistem finalnya ada 3 babak, mulai save your point, battle dan presentation,"lanjutnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved