Sambang Kampung Simokerto

Tanaman Gantung plus Gambar Mural bikin Kampung Padat Penduduk Jadi Asri 

Menghuni kampung padat penduduk seperti di kawasan Simokerto kerap identik dengan wilayah panas, kumuh, dan kotor. Namun salah besar anggapan itu.

Tanaman Gantung plus Gambar Mural bikin Kampung Padat Penduduk Jadi Asri 
surya/ahmad zaimul haq
RAPI - Kampung RT 5 RW 3 Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto yang padat kini terlihat rapi dengan paving dan mural warna warni serta hijaunya tanaman gantung. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Menghuni kampung yang padat penduduk seperti di kawasan Simokerto kerap identik dengan wilayah  panas, kumuh, dan kotor. Namun, tidak begitu saat menyambangi kampung RT 5 RW 3 Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto.

Di kampung ini, meski sangat padat dan antar rumah hampir tidak berjarak dan tak punya halaman, warga kampungnya cukup cerdas dalam membangun kampung.

Sejak tersentuh program pavingisasi, kampung ini bertekad untuk menjadikan kampung mereka menjadi kampung yang bersih dan juga asri.

"Setahun lalu, kampung kami langganan banjir. Tidak heran rumah di sini kebanyakan dibuat tinggi agar air tidak sampai masuk ke dalam rumah," ucap Ketua RT 5, Aspiyah, Rabu (17/1/2018)

Oleh sebab itu, sejak ada paving di kampung mereka dan dibuatkan saluran tepi, jalanan kampung yang hanya berlebar satu meter itu sudah bebas dari banjir. Bahkan warganya juga semangat untuk membangun kampung bantaran sungai ini.

"Mulanya warga tergerak, begitu ada paving, dan melihat kampung lain yang warna warni dan asri kami bertekad untuk tidak mau kalah membangun kampung," ucap Aspiyah.

Dengan swadaya mereka urunan mulai mempercantik kawasan kampung mereka bahkan di setiap gang kampung. Semua gang sempit di sana dicat dengan aneka warna yang menarik dan cantik.

Tembok kampung yang dulu lusuh dan tak bertuan diubah menjadi dinding kanvas tempat karang taruna untuk mengekspresikan mural dan juga lukisan berbentuk identitas Surabaya.

Seperti menggambar mural Tugu Pahlawan, Suramadu, Bonek, dan juga karakter untuk motivasi agar warga menjaga kebersihan dan terhindah dari bahaya narkoba.

"Sengaja warna dasarnya hijau, agar semakin asri dan menimbulkan kesan nyaman. Selain itu kami juga memberdayakan anak-anak kampung dari karang taruna untuk membuat muralnya sendiri," katanya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved