Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Gulirkan Program Perawatan Lansia Pertama di Indonesia: Semua demi Memuliakan Orang Tua

Melalui program Rantang Kasih dengan anggaran sosial besar, para orang tua miskin mendapat perhatian istimewa.

Penulis: Haorrahman | Editor: Parmin
surya/haorrahman
MEMULIAKAN ORANGTUA – Tahun ini Banyuwangi memiliki program yang dikhususkan untuk para lanjut usia (lansia). 

SURYA.co.id |BANYUWANGI -

Dengan label sebagai kota sejuta inovasi, kota wisata, kota peduli pasien dan berbagai sebutan lainnya, Pemkab Banyuwangi tidak ingin para warga lanjut usia (lansia) tersisih di tengah deru kemajuan.

Mungkin ini kali pertama di Indonesia, melalui program Rantang Kasih dengan anggaran sosial besar, para orang tua miskin mendapat perhatian istimewa.

Salah satu pahala terbesar adalah memuliakan orang tua. Kemajuan dan terobosan yang dilakukan Pemkab Banyuwangi, tetap ada kekurangan yang harus ditutupi.

Bermula banyaknya laporan lansia telantar, baik dari media sosial (medsos)maupun melalui call centre, mendorong pemkab menyediakan anggaran khusus bagi para lansia mulai 2018.

Bahkan begitu besarnya kepedulian, tahun ini ada anggaran khusus Rp 5,5 miliar khusus untuk menangani lansia miskin dalam bentuk program Rantang Kasih.

Program ini targetnya mengentas para lansia sebatang kara dan nonproduktif berupa pemberian makanan bergizi gratis. Ada sekitar 2.000 lansia yang terdaftar dalam program ini.

Banyak fakta mengenai bagaimana nasib para lansia papa di Banyuwangi yang mendesak untuk diperhatikan. Ada lansia yang tinggal sebatang kara, tanpa sanak saudara, di rumah tak layak.

Ada yang tinggal di rumah mirip kandang kambing. Juga ditemukan orang tua yang tinggal di Pasar Banyuwangi, karena tak memiliki keluarga.

Seperti nenek Salbiyah, warga Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat. Lansia berusia 70 tahun itu tinggal sendirian di rumah tak layak huni, dan kesehariannya mencari kayu di kampung. Namun kondisi Salbiyah memburuk, akibat terpeleset.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved