Berita Surabaya

Dikeluhkan Pedagang, PD Pasar Surya Janjikan Renovasi Pasar Tunjungan Rp 500 Juta

Direktur Teknik PD Pasar Surya Zandy Ferryansyah merespon keluhan penyewa stan di Pasar Tunjungan.

Dikeluhkan Pedagang, PD Pasar Surya Janjikan Renovasi Pasar Tunjungan Rp 500 Juta
google maps
Pasar Tunjungan di Jalan Embong Malang, Surabaya. 

SURYA.co.id I SURABAYA - Direktur Teknik PD Pasar Surya Zandy Ferryansyah merespon keluhan penyewa stan di Pasar Tunjungan.

Ferry, begitu ia biasa disapa, mengatakan jika harus melakukan revitalisasi, pihaknya mengaku keberataan terutama dengan kondisi PD Pasar Surya yang mengalami rugi di tahun lalu.

Namun jika untuk renovasi jangka pendek, hal tersebut dijanjikan Ferry akan segera diatasi oleh PD Pasar Surya.

"Kalau untuk anggaran perbaikan, kami ada uang dari PD Pasar Surya langsung. Maksimal kami ada dana anggaran tak terduga sebesar Rp 500 juta," kata Ferry, Selasa (9/1/2018).

Menurutnya kondisi genteng bocor, perbaikan listrik, dan juga kerusakan fisik ringan akan bisa diperbaiki dengan dana tersebut.

Begitu juga dengan masalah parkir yang dikeluhkan oleh penyewa.

Pihaknya akan berupaya untuk memberikan fasilitas parkir lantaran yang mayoritas parkir di kawasan Pasar Tunjungan memang bukan pengunjung dari pasar.

Saat ditanya bagaimana upaya PD Pasar Surya untuk membantu meramaikan Pasar Tunjungan, Ferry mengatakan saat ini kondisi Pasar Tunjungan sepi karena beberapa penyebab.

Yang pertama karena di sana sudah tidak banyak pedagang yang berdagang.

Jumlah pedagang yang masih aktif membuka stan hanya sekitar 40 an stan saja.

"Ya memang pedagangnya sudah tidak ada. Lalu yang datang siapa kalau yang dagang saja tidak ada," kata Ferry.

Tapi kalau kondisi genteng bocor dan fisik yang rusak, Ferry mengakui memang ada. Dan PD Pasar Surya berkomitmen akan tanggung jawab dengan melakukan perbaikan.

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya Khalid mengatakan secara mendasar memang kondisi cash flow PD Pasar Surya sedang terganggu.

Namun Pemkot sudah memberikan uang modal penyertaan untuk revitalisasi pasar tradisional. Saat ini pun masih ada sisa usai dari dana revitalisasi pasar pucang. Dana tersebut bisa digunakan untuk perbaikan di Pasar Tunjungan.

"Kami akan meminta PD Pasar Surya untuk melakukan perbaikan kecil-kecilan suapaya penyewa stan di Pasar Tunjungan tidak kehujanan," kata Khalid.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved