Liga 1

Presiden Klub Akui Madura United Butuh Sponsor dan Suporter, Ini Alasannya

Pria yang akrab disapa AQ itu menjelaskan, dua komponen tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk kelangsungan sebuah klub.

surya/dya ayu
Presiden Klub Madura United Achsanul Qosasi saat memberikan arahan kepada pemain. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Jelang kompetisi musim 2018, Presiden Klub Madura United, Achsanul Qosasi membeberkan alokasi yang didapat dari dana sponsor dan suporter.

Pria yang akrab disapa AQ itu menjelaskan, dua komponen tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk kelangsungan sebuah klub.

Bahkan AQ tak segan membeberkan jika Madura United sangat tergantung pada pendapatan dari sponsor dan suporter.

Dari total keseluruhan, sponsor hampir menanggung seluruh biaya yang diperlukan klub dalam kurun satu musim.

"Madura United sangat bergantung kepada sponsor dan klub. Sponsor ditargetkan membiayai 60 persen total biaya selama satu musim. Sementara untuk suporter, ditargetkan memberikan masukan meliputi sebanyak 25 persen tiket home, 5 persen merchendise dan sisanya diharapkan 10 persen bersumber dari pemasukan lain berupa iklan A board, e ticketing atau T-Cash dan lain-lain dari partisipan," papar Achsanul Qosasi, Jumat (5/1/2018).

Selain dari faktor sponsor dan suporter, klub juga mendapatkan pemasukan lainnya, yakni subsidi dari penyelenggara kompetisi.

Namun, dana tersebut digunakan untuk hal-hal yang tak dapat diperhitungkan dan diprediksi sebelumnya, salah satunya denda selama kompetisi berlangsung.

Apalagi diketahui saat kompetisi Liga 1 2017 lalu, Madura United mendapatkan banyak denda yang apabila dikalkulasi keseluruhan hampir mencapai Rp 1,5 miliar.

"Subsidi liga untuk menutup defisit chasflow atas terjadinya cost overrun mengingat ketidakpastian jumlah dan adanya potongan-potongan denda dan keterlambatan pembayaran yang dialami klub selama kompetisi," tambahnya.

Penulis: Dya Ayu
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved