Berita Surabaya

Pulangkan 1.500 PMKS, Liponsos Keputih Terapkan Sistem Sidik Jari untuk Cegah ODGJ Kembali Lagi

Banyaknya penyandang masalah kesejahteraan sosial di Liponsos Keputih membuat tempat itu overload. Ini langkah Liponsos...

surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Kegiatan rutin membawa penghuni Liponsos Keputih dengan masalah orang dengan gangguan jiwa ke RSJ Menur untuk pemeriksaan, Kamis (4/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tahun baru 2018 belum satu pekan berjalan, namun Liponsos Keputih mulai didatangi banyak penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Setidaknya ada sebanyak lebih dari sepuluh PMKS yang datang ke Liponsos Keputih hasil dari penangkapann dan penjaringan tim gabungan Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya Supomo mengatakan, saat ini tim gabungan dari Pemkot memang sedang gencar melakukan penjaringan PMKS yang datang ke Surabaya usai tahun baru 2018.

"Setiap harinya ada tiga sampai empat orang yang masuk ke Liponsos," kata Supomo, Kamis (4/1/2018).

Mereka termasuk gelandangan, pengemis, waria, sampai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Semua ditampung disana untuk diberikan perlakukan khusus. Ada yang langsung dipulangkan, ada pula yang dirawat jika diketahui mengidap gangguan jiwa.

Disampaikan Supomo, saat ini penghuni Liponsos ada sebanyak 1.600 penghuni Liponsos. Di antaranya ada 1.200 penghuni ODGJ.

Mereka dirawat di sana dengan menggunakan dana APBD. Mulai untuk biaya makan, sampai dengan pengobatan hingga pemulangan.

"Kalau dikatakan overload, memang kapasitas normalnya Liponsos itu hanya 500 orang saja. Tapi itu untuk kondisi standar dimana penghuni tidur di bed satu-satu, nah ini kan tidak, kalaupun kita sediakan mereka tidak bisa menggunakan," katanya.

Meski begitu Supomo menegaskan agar kondisi Liponsos tidak sampai overload, maka Dinsos aktif melakukan pemulangan PMKS. Setidaknya setiap bulan ada sebanyak 40-50 orang PMKS yang sudah sembuh.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved