Road to Election

Partai Nasdem Serahkan Rekomendasi untuk 17 Calon Kepala Daerah di Jawa Timur

Sebanyak 17 calom kepala daerah di Jatim menerima rekomendasi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem). Ini rinciannya...

Partai Nasdem Serahkan Rekomendasi untuk 17 Calon Kepala Daerah di Jawa Timur
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Badang Pemenagan Pemilu (Bapilu) DPP Nasdem, Effendi Choirie (tiga dari kanan) berfoto bersama calon Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro, Mahfudah dan Kuswiyanto di sela Deklarasi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Partai Nasdem se-Jatim, Kamis (4/1/2018) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 17 calom kepala daerah di Jatim menerima rekomendasi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Rinciannya, 16 kepala rekomendasi pengusungan diberikan kepada calon bupati dan walikota sedangkan satu lainnya untuk calon Gubernur Jatim.

Surat tersebut diberikan langsung oleh Ketua Badang Pemenagan Pemilu (Bapilu) DPP Nasdem, Effendi Choirie kepada perwakilan masing-masing pasangan.

Pada sambutannya, Effendi mengingatkan masing-masing kandidat yang diusung Nasdem untuk membawa filosofi semangat politik Nasdem, yakni Gerakan Restorasi.

"Para kandidat meskipun ada yang berasal dari luar partai Nasdem, kami harapkan dapat mengenali Partai Nasdem. Di antaranya, semangat "Gerakan Restorasi"," ujar pria yang akrab disapa Gus Choi ini.

Menurutnya, satu di antara semangat tersebut bisa diimplementasikan melalui budaya bebas korupsi.

Nasdem, melalui pendaftaran ini, berusaha mengubah asumsi masyarakat yang menyebut bahwa politik itu mahal menjadi politik tanpa mahar.

"Inilah semangat yang ingin kami perkenalkan. Bahwa, dukungan yang Nasdem berikan, bebas tanpa mahar," tegas Gus Choi di hadapan peserta pertemuan yang hadir.

Menurutnya, berdasarkan penjelasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), satu di antara maraknya budaya korupsi diakibatkan mahalnya biaya proses demokrasi mulai dari tahap pencalonan kepala daerah.

"Di beberapa daerah ada partai yang mewajibkan tarikan tarif sesuai jumlah kursi di parlemen. Ada yang satu kursi dihargai Rp300 juta sampai milayaran rupiah," ujar Gus Choi.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved