Citizen Reporter

Yuk Adu Daya Nalar di Olimpiade Matematika

cara mudah mengasah daya nalar salah satunya adalah dengan menguasai matematika ... tidak percaya? ini buktinya ...

Yuk Adu Daya Nalar di Olimpiade Matematika
pixabay.com
ilustrasi 

M Efendi SPd
Pengajar di SMA Bina Insan Mandiri Baron Nganjuk  

Otak logika hitung manusia perlu diadu agar lebih terasah dan kompetitif serta semakin berkualitas …

HAL itu bisa dibuktikan dengan melihat aktivitas di ajang Kompetisi Matematika Nalaria Realistis (KMNR) yang diikuti pelajar dari jenjang sekolah dasar hingga SMA, Ahad (17/12/2017) silam.

Dan, KMNR tingkat Kabupaten Nganjuk itu berlangsung sangat meriah. SMP-SMA Bina Insan Mandiri, Ponpes Baron, Nganjuk, Jawa Timur mendapat kehormatan sebagai tuan rumah. Acara tahunan ini diselenggarakan atas kerja sama SMA Bina Insan Mandiri dan Klinik Pendidikan MIPA.

Peminatnya pun cukup banyak. Pelajar kelas 1 SD hingga kelas 9 SMP. Acara semakin menarik dengan hadirnya Toko Matematika yang menjual berbagai makanan dan merchandise KMNR. Toko Matematika yang digagas para pelajar SMP-SMA Bina Insan Mandiri yang tergabung pada penjurusan Entrepreneur.

Euforia matematika ditunjukkan dalam acara ini terlihat dari keunikan Toko Matematika. Model penunjukkan harga barang dan merchandise salah satu item yang dijual harus menghitung menggunakan rumus matematika. Hal tersebut memang disengaja untuk mengasah kemampuan siswa dalam matematika.

Model soal yang diberikan cukup memberikan tantangan pada daya nalar siswa. Seperti pernyataan salah satu peserta KMNR, Rasyid. “Soalnya ya susah-susah sulit tetapi cukup menantang,” ujarnya.

Hal ini menunjukkan betapa hebat bobot soal untuk mengasah daya nalar siswa di bidang hitung-menghitung ini. Harapan dari ajang ini adalah melahirkan bibit-bibit unggul bidang matematika di Indonesia yang akan siap diikutsertakan lomba di ajang internasional.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved