Berita Surabaya

Fenomena Supermoon 2 Januari 2018, Surabaya Sebaiknya Waspadai Banjir Rob

Fenomena Supermoon akan muncul pada 2 Januari 2018. Pakar, mengingatkan agar Surabaya mewaspadai banjir rob akibat fenomena itu.

Fenomena Supermoon 2 Januari 2018, Surabaya Sebaiknya Waspadai Banjir Rob
telegraph.co.uk/rex
Supermoon 

SURYA.co.id | SURABAYA - Fenomena Supermoon 2 Januari 2018, sempat heboh di media sosial.

Seperti yang diberitakan Tribun Wow.com dikutip dari British Medical Journal, masyarakat diimbau untuk tak berkendara di malam hari di hari itu. 

Tidak ada alasan khusus yang disampaikan British Medical Journal, terkait hubungan antara fenomena supermoon dengan berkendara.

Mereka hanya mengatakan jika 2 Januari 2018 saat supemoon (kondisi di mana bulan lebih terang dari tahun biasanya), diperkirakan mengakibatkan kecelakaan meningkat hingga 5 persen dari malam-malam biasanya.

Surya.co.id mencoba mencari tahu fenomena ini pada Ahmad Zainollah Mahasiswa Indonesia yang sedang mengambil Pasca Sarjana di Physics NCU Taiwan.

Zain membenarkan jika besok, 2 Januari 2017 ada fenomena alam Supermoon. Di mana peristiwa itu terjadi ketika jarak Bumi dan Bulan itu dekat dan terjadi pada saat bulan berada di fase purnama.

"Pada saat itu ukuran bulan lebih besar dari biasanya, jaraknya kurang lebih sekitar 3600000 km. Memang pada saat itu intensitas sinar cukup tinggi," terangnya saat dihubungi Surya.co.id, Senin (1/1/2018).

Namun Zain mengaku kurang setuju dengan artikel British Medical Journal, di mana fenomena ini berbahaya untuk pengendara.

"Menurut saya terlalu berlebihan, jika cahaya supermoon ini sampai menyebabkan kecelakaan meningkat. Karena matahari yang memiliki intensitas cahaya yg lebih besar dari bulan aman-aman saja. Kalau untuk kecelakaan, yang patut berhati-hati adalah si pengendaranya bukan menyalahkan fenomena supermoon," tambahnya menjelaskan.

Bukan soal terangnya supermoon sehingga mengganggu pengendara, Zein lebih menekankan bahwa fenomena supermoon ini berpengaruh pada pasang surut air laut.

"Kondisi pasang surut air laut ini tentu berpengaruh terhadap daratan yang dekat dengan laut terlalu rendah, karena bisa saja terkena banjir rob," katanya.

Dalam hal ini Surabaya menjadi salah satu kota yang harus siap dengan kondisi supermoon. Karena dekat dengan laut, Surabaya kerap tergenang karena banjir rob.

Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya saat sidak pintu air (13/13/2017), juga sempat menghimbau agar masyarakat Surabaya siap menghadapi cuaca ekstrem akhir dan awal tahun. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved