Breaking News:

Tahun Baru 2018

Polres Kediri Fokus Antisipasi Teror di Malam Tahun Baru

Polres Kediri akan fokus mengantisipasi ancaman teror di malam tahun baru 2018. Ini alasannya...

surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Persiapan pengamanan malam tahun baru di Sub Sektor Ngasem Polsek Gampengrejo area Simpang Lima Gumul (SLG). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan memimpin langsung persiapan pengamanan menjelang malam pergantian tahun di Simpang Lima Gumul (SLG), Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Minggu (31/12/2017).

AKBP Erick Hermawan memaparkan, sesuai intruksi dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, prioritas dalam pengamanan malam pergantian tahun baru adalah mengantisipasi adanya aksi terorisme.

Sebagai langkah preventif, anggotanya telah disebar ke sejumlah titik yang disinyalir berpotensi terjadinya tindak kejahatan.

"Fokus pengamanan telah kami persiapkan untuk mencegah adanya teror. Nantinya, ada personel mobile memakai sepeda motor untuk menjaga keamanan saat berlangsungnya pergantian tahun," ucap AKBP Erick Hermawan kepada Surya.

Erick menjelaskan, pengamanan juga diberlakukan pada sistem rekayasa lalu lintas untuk menjaga ketertiban di sejumlah ruas jalan raya. Pihaknya, telah menempatkan para perwira polisi Polres Kediri di setiap titik rawan kemacetan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

"Rekayasa lalu lintas meliputi buka tutup jalur di sekitar area Simpang Lima Gumul," ucapnya.

Menurut dia, nantinya rekayasa lalu lintas akan diterapkan secara kondisional apabila terjadi penumpukan kendaraan di ruas jalan raya.

Misalnya, ada tiga titik akses menuju ke SLG dari arah Pare, Kota Kediri dan dari arah Wates via Kecamatan Pesantren maupun Kecamatan Plosoklaten.

Arus lalu lintas dari segala arah akses menuju ke SLG nantinya akan dilakukan rekayasa buka tutup jalur ketika berpotensi terjadinya kemacetan.

"Tidak ada penutupan jalan, tetapi hanya ada pengalihan arus lalu lintas," bebernya.

Nah, apabila ada konvoi kendaraan sepeda motor yang masuk ke area Kabupaten Kediri pihaknya akan berupaya melakukan tindakan presuasif. Nantinya, kalau ada penumpukkan kendaraan personel dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) akan melakukan pengalihan arus untuk memindahkan penumpukkan kendaraan ke titik lainnya.

"Tergantung situasi. Sebisa mungkin dilakukan persuasif. Namun kalau tidak bisa, kami akan melakukan tindakan kepolisian yang baik," ungkapnya.

Ditambahkannya, sebanyak 700 personel dari berbagai fungsi turut dilibatkan dalam pengamanan ini. Selain itu, pihaknya juga dibantu oleh pasukan gabungan dari anggota TNI, Satpol PP, Dishub, Pemadam Kebakaran dan Banser.

"Untuk anggota supaya tetap bersikap waspada karena pada malam tahun baru ini adalah kunci jangan sampai terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di Kabupaten Kediri," pungkasnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved