Berita Surabaya

Dinas Pendidikan Jatim Tetapkan Anggaran Pendidikan Tahun 2018 Rp 6 Triliun

Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim mengalokasian anggaran pendidikan pada 2018 mendatang sebesar Rp 6 triliun. Ini rencana alokasinya...

Dinas Pendidikan Jatim Tetapkan Anggaran Pendidikan Tahun 2018 Rp 6 Triliun
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim mengalokasian anggaran pendidikan pada 2018 mendatang sebesar Rp 6 triliun. 

Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman menuturkan, besaran anggaran Rp 6 triliun tidak hanya bersumber dari APBD provinsi melainkan juga dari APBN. Termasuk salah satunya anggaran untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Melihat kondisi saat ini tidak ada banyak perubahan terkait anggaran. Hampir sama dengan tahun lalu,” tutur Saiful dikonfirmasi, Jumat (29/12).

Saiful mengatakan, alokasi untuk sejumlah belanja anggaran juga tidak mengalami perubahan. Semisal bantuan sarana prasarana yang tahun ini dialokasikan sekitar Rp 300 miliar.

“Tahun depan juga sekitar Rp 300 miliar,” tuturnya

Selain itu Dindik juga memiliki sasaran prioritas di wilayah Madura,yang akan dialokasikan 15 persen dari total anggaran pendidikan Jatim yang bersumber dari APBD provinsi.

Anggaran yang dialokasikan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan sarana prasarana pendidikan, peralatan praktik, SMA double track dan peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan.

“Kami juga akan mengajak tokoh masyarakat agar ikut terlibat untuk mendorong angka partisipasi pendidikan menengah,” lanjut Saiful.

Kondisi pendidikan di wilayah tersebut, lanjut dia, memang cukup memprihatinkan. Kesadaran masyarakat untuk melanjutkan ke jenjang SMA/SMK juga masih rendah.

Berdasar Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Kemendikbud, Angka Partisipasi Murni (APM) pendidikan menengah di Kabupaten Bangkalan baru 44,3 persen. Sementara di Sampang, APM pendidikan menengah sebesar 35,9 persen.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved