Berita Kediri

Peringatan untuk Warga Kediri : Cuaca Ekstrim Waspadai Pohon Tumbang!

Warga diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Peringatan untuk Warga Kediri : Cuaca Ekstrim Waspadai Pohon Tumbang!
surya/mohammad romadoni
Petugas BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Kediri saat membersihkan pohon tumbang di jalan raya Desa Janti, Kecamatan Wates. 

SURYA.co.id | KEDIRI- Warga diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Sebelumnya, hujan lebat sempat mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Kediri selama sekitar satu jam, Minggu (17/12/2017).

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randi Agata mengimbau bagi seluruh warga supaya waspada apabila terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Pihaknya meminta warga agar menjauhi pohon-pohon yang disinyalir rawan tumbang.

"Karena angin kencang berpotensi terjadinya bencana seperti pohon tumbang," ujarnya.

Randi menjelaskan sesuai data dari BPBD tercatat bencana pohon tumbang telah terjadi di sekitar area Simpang Lima Gumul (SLG), di seputar jalan raya Erlangga serta dan di Kecamatan Plemahan.

Tak hanya itu, angin kencang membuat dua pohon jenis trembesi berukuran besar tumbang di Desa Janti, Kecamatan Wates.

Akibatnya, batang berukuran jumbo itu melintang di tengah jalan.

Kejadian itu sempat menutup akses jalan selama dua jam.

Petugas BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Kediri bersama warga berhasil mengevakuasi seluruh ranting pohon ke pinggir jalan.

"Meski ada pohon-pohon tumbang tapi relatif aman dan segara bisa kita atasi. Syukurlah, tidak ada korban jiwa," ucapnya.

Pihaknya berharap untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan perlunya adanya tindakan dari instansi terkait untuk melakukan pengendalian pertumbuhan pohon di sepanjang jalan protokol berupa pemangkasan pohon yang rimbun.

Terpisah, berdasarkan rilis diperoleh SURYA.co.id, terkait prediksi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Klas I Surabaya, hingga saat ini hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir masih berpotensi terjadi disekitar wilayah Mataraman.

Diperkirakan kondisi hujan intensitas lebat itu dapat meluas ke daerah Nganjuk, Kediri, Trenggalek, Tulungagung dan sekitarnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved