Bisnis

Jaringan Kabel Optik Kian Panjang, Biznet Optimis Pelanggan Bisa Naik Dua Kali Lipat

Setelah meresmikan jaringan kabel optik dari Semarang ke Surabaya, Biznet menyiapkan pengembangan jaringan serupa di jalur utara

Jaringan Kabel Optik Kian Panjang, Biznet Optimis Pelanggan Bisa Naik Dua Kali Lipat
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Manajemen Biznet saat launching jaringan kabel optik baru di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peningkatan pasar internet di Indonesia membuat Biznet agresif melakukan pengembangan infrastruktur jaringan.

Setelah meresmikan jaringan kabel optik dari Semarang ke Surabaya pada awal bulan ini, Biznet menyiapkan pengembangan jaringan serupa di jalur Surabaya - Probolinggo - Paiton - Situbondo

"Jalur utara ini merupakan target kami untuk menambah pelanggan di pesisir Utara Jatim sisi timur. Sebelumnya kami sudah selesaikan infrastruktur Semarang - Semarang untuk target pelanggan di pesisir Utara Jatim barat, seperti Tuban, Bojonegoro, Lamongan, dan Gresik," kata Adi Kusma, President Director Biznet, Senin (11/12/2017).

Pembangunan jaringan kabel optik di wilayah Jatim Utara bagian barat ditargetkan rampung pada Februari 2018.

Sementara jaringan kabel optik yang membentang dari Semarang-Surabaya sepanjang 400 km, telah selesai awal Desember 2017.

Dengan jaringan baru ini, total Biznet kini mempunyai jaringan fiber optik yang membentang sepanjang 21.000 km di Puiau Jawa, Bali, Sumatera dan Batam.

"Kami memang agresif membangun jaringan, sebagai salah satu langkah untuk difokuskan bisa memberikan proteksi bagi pelanggan terhadap kemungkinan terputusnya jaringan," kata Adi.

Dengan jaringan baru ini, telah melengkapi jaringan di selatan Pulau Jawa yang lebih dulu ada. Sehingga nantinya jaringan lebih terproteksi dari gangguan downtime yang lebih lama.

"Artinya jika ada satu jaringan di Pulau Jawa yang terputus, kami punya backup di jalur lain dan memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses internet tetap terjaga,” ungkap Adi.

Jaringan Biznet kini telah tergelar di 94 kota dan akan diperluas ke 34 kota lain pada tahun depan. Tahun depan, selain di wilayah Jatim, Biznet juga masih akan memperluas penyebaran jaringan kabel optik untuk Jalur Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta atau di selatan Jawa Tengah dengan target selesai sama dengan jaringan Utara Jatim bagian barat.

Untuk penggelaran jaringan kabel optik ini, Biznet mengalokasikan investasi sekitar 100 juta dolar Amerika Serikat (AS) per tahun dalam 3 tahun terakhir.

“Tahun depan nilainya masih sama untuk penggelaran jaringan kabel optik ini,” ungkap Adi.

Saat ini Adi mengklaim pelanggan Biznet sudah mencapai 100.000 pelanggan dimana 10 persen diantaranya merupakan pelanggan korporat. Dengan adanya penambahan jaringan ini, ditargetkan di tahun 2018, jumlah pelanggan bisa naik dua kali lipat. 

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved