Berita Sidoarjo

PGRI Sidoarjo Bersama Harian Surya Latih Para Guru Kota Delta untuk Jadi Penulis

Para guru di Sidoarjo mendapat pelatihan menulis, acara tersebut digelar APKS PGRI Sidoarjo bersama Harian Surya

PGRI Sidoarjo Bersama Harian Surya Latih Para Guru Kota Delta untuk Jadi Penulis
SURYA Online/ Irwan Syairwan
Suasana pelatihan menulis guru yang digelar Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidoarjo bersama Harian Surya di Gedung PGRI Sidoarjo, Minggu (10/12/2017). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Puluhan tenaga pengajar di Kota Delta mendapat pelatihan menulis, acara tersebut digelar oleh Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidoarjo, bersama Harian Surya di Gedung PGRI Sidoarjo, Minggu (10/12/2017).

Ketua panitia acara Teguh Santoso mengatakan, pelatihan menulis itu penting artinya, tak hanya bagi diri pribadi guru yang bersangkutan tapi juga kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Bagi pribadi guru, rajin menulis dan bisa menghasilkan buku itu bisa cepat naik pangkat golongan PNS-nya. Tak hanya buku, menulis artikel di koran seperti Harian Surya pun juga ada poinnya. Intinya, guru itu harus sering-sering menulis," ujar Teguh.

Teguh yang juga Kepala Sekolah SMAN 1 Waru ini menerangkan, untuk kenaikan pangkat golongan dibutuhkan 12 poin dari berbagai kriteria penilaian. Satu di antaranya adalah menulis buku dan artikel. Bedanya, poin untuk menulis buku dan artikel ini tak ada batasan.

Poin paling tinggi untuk karya buku yang ditulis guru adalah, jika dalam setahun bisa menghasilkan dua karya buku dan aktif menulis artike di media, lanjut Teguh, tak sampai empat tahun guru tersebut sudah naik pangkat golongan.

"Di Sidoarjo sendiri sudah ada hampir 100 guru yang sudah menghasilkan karya buku. Kami harap setelah mendapat inspirasi menulis dari Harian Surya tembus angka 100 guru yang mulai berkarya menulis buki," sambungnya.

Untuk siswanya sendiri, guru yang juga penulis akan bisa meningkatkan kemampuannya dalam KBM.

"Pengajaran menjadi lebih baik lagi, yang implikasinya meningkatkan pemahaman siswa," ujarnya.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved