Gunung Agung Terkini

Erupsi Gunung Agung Bisa Dipantau Lewat Live Streaming. Ini Caranya

Masyarakat yang ingin ikut memantau kondisi terkini Gunung Agung di Bali, dapat menyaksikannya lewat tayangan Live Streaming. Begini caranya...

SURYA.co.id | DENPASAR - Erupsi gunung Agung di Bali telah dinaikkan statusnya dari Siaga (level 3) menjadi Awas (level 4), terhitung sejak Senin (27/11/2017) pukul 06.00 WITA. 

Peningkatan status oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) itu ditetapkan setelah tingkat erupsi gunung Agung saat inii meningkat dari fase freatik ke magmatik, sejak sinar api di p[uncak teramati Sabtu (25/11/2017) pukul 21.00 WITA. 

Kepulan abu yang menerus, kadang-kadang disertai erupsi eksplosif, dan suara dentuman lemah terdengar sampai jarak 12 km dari puncak, serta sinar api semakin sering teramati di malam berikutnya menjadi penanda potensi letusan yang lebih besar akan segera terjadi.

"Pos pengamatan Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem melaporkan bahwa secara visual gunung jelas.

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 2.500-3.000 m di atas puncak kawah," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, saat memberikan keterangan di ruang Pusdalops, Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (27/11/2017).

"Sampai hari ini erupsi fase magmatik disertai kepulan abu tebal menerus mencapai ketinggian 2.000-3.400 meter dari puncak," ia melanjutkan.

Sementara itu, masyarakat yang ingin ikut memantau kondisi terkini Erupsi Gunung Agung, dapat memanfaatkan fasilitas Live Streaming yang disediakan channel Youtube milik Telkomsel Balinusra. 

Tayangan Live Streaming itu direkam menggunakan 2 kamera CCTV di PVMBG Desa Rendang, Kecamtan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, serta di Site Bukit Asah, Kabupaten Karangasem, Bali. 

Tayangan Live Streaming ini dapat dilihat di tautan berikut :

Penulis: Eben Haezer Panca
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved